Sidang Akumobil, Modal Rp 12 Juta Ditulis Rp 10 Miliar, Harga Mobil Rp 130 Juta Dijual Rp 60 Juta

Bos Akumobil, Bryan Jhon Satya Andriastian menjalani sidang perdana kasus penipuan penjualan mobil

Sidang Akumobil, Modal Rp 12 Juta Ditulis Rp 10 Miliar,  Harga Mobil Rp 130 Juta Dijual Rp 60 Juta
Istimewa
akumobil konsumen 3 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bos Akumobil, Bryan Jhon Satya Andriastian menjalani sidang perdana kasus penipuan penjualan mobil murah. Dia diadili di Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Bandung, Kamis (13/2/2020). 

Dalam sidang dengan agenda dakwaan itu, jaksa penuntut umum dari Kejari Bandung menguraikan perbuatan penipuan oleh Bryan. 

Bermula dari Bryan yang mengajak rekannya, Ridwan Sadewa, firman Rakhman, Nurul Husni Farid dan M Idris mendirikan perusahaan dengan konsep digital. Nama-nama tersebut turut jadi terdakwa.

Perusahaan itu didirikan dengan modal Rp 12 juta meski di akta pendirian, modal perusahaan mencapai Rp 10 miliar dalam bentuk saham

Perusahaan itu berkonsep digital dengan membuat aplikasi dan konsumen bisa membeli mobil di aplikasi tersebut. Penjualannya dengan flash sale atau cepat dan murah, di bawah harga dealer.

Belum Bisa Terima, Karen Pooroe Tegas untuk Arya, Sebut Tidak akan Memaafkan Arya hingga Liang Lahat

"Awal pendirian, perusahaan tidak mencari keuntungan tapi mencari branding dulu. Keuntungan akan didapat setelah perusahaan dikenal. Untuk mengenalkannya, dengan cara penjualan kendaraan dengan cepat dan murah atau flash sale,"‎ ujar jaksa Melur, di dakwaannya. 

‎Kemudian, ia bersama saksi lainnya, mulai menjual mobil dengan harga murah yakni Rp 60 juta meski mobil dibeli dari dealer seharga Rp 130 juta. 

"Digelarlah acara flash sale dengan menunjuk event organizer," ujarnya. 

Mobil yang dijual itu antara lain, Honda Brio 2019 Type S sehagar Rp 50 juta. Jika ingin ditingkatkan ke seri lebih baru, menambah Rp 9 juta. Lalu Datsun Go dijual Rp 50 juta. Daihatsu Sigra dijual Rp 50 juta hingga Suzuki Ignis dijual Rp 50 juta. 

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved