Mobil Dinas Pemprov Jabar Sudah Setahun Lebih Diparkir di Mal, Sewa Parkir ke Pengelola Mal

Sejumlah kendaraan dinas milik Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemprov Jabar terpaksa diparkir di basement

Mobil Dinas Pemprov Jabar Sudah Setahun Lebih Diparkir di Mal, Sewa Parkir ke Pengelola Mal
Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Mobil dinas parkir di Mal 1 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah kendaraan dinas milik Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemprov Jabar terpaksa diparkir di basement sebuah pusat perbelanjaan (Mal) di kawasan Jalan Ibrahim Adjie-Jalan Soekarno Hatta sejak 2018.

Kepala Bapenda Jabar Hening Widiatmoko mengatakan kendaraan-kendaraan tersebut harus diparkir di pusat perbelanjaan yang memang berada di seberang kantornya sejak 2018. Saat itu, pihaknya tengah membangun masjid dan revitalisasi taman di bangunan kantornya.

Bapenda Jabar, katanya, telah membuat masterplan Revitalisasi Lingkungan Kantor Bapenda Jabar yang terbagi tiga tahapan. Tahap pertama adalah pembangun masjid, penataan taman tematik dan gedung arsip tahun 2018, yang sudah terbangun.

Tahap kedua adalah membangun sarana olahraga indoor pada 2019, dan juga sudah selesai dibangun dan digunakan. Tahap ketiga adalah membangun infrastruktur parkir mobil bawah tanah atau basement di halaman kantor. Namun, tahap ketiga ini belum bisa dilaksanakan karena keterbatasan anggaran.

Kondisi Terkini Siswi SMP Korban Bullying di Purworejo, Ia Dipukul dan Ditendang 3 Siswa di Kelas

"Kenyataan bahwa kami belum dapat membangun lahan parkir basement dua lantai ke bawah, maka untuk melindungi kendaraan operasional kami dari hujan dan panas, sementara lahan parkir eksisting terbatas. Adapun kendaraan yang diparkir di lahan parkir Carrefour dengan cara menyewa dari pengelola Carrefour secara resmi," katanya melalui ponsel, Kamis (13/2/2020).

Mobil dinas parkir di Mal2
Mobil dinas parkir di Mal2 (Tribunjabar/Syarif Abdussalam)

Hening mengatakan kendaraan-kendaraan dinas berpelat merah yang diparkir di pusat perbelanjaan tersebut adalah kendaraan yang masih digunakan sehari-hari. Tapi, katanya, memang ada yang sudah didaftarkan untuk dilelang.

"Kami sadar bahwa mungkin akan timbul pertanyaan mengapa berdebu dan seperti tidak terurus. Perlu dijelaskan, bahwa Sub Bagian Umum Sekretariat Bapenda Jabar secara rutin merawat kendaraan dengan menghidupkan atau meanaskan stasioner sekaligus dibersihkan," ujarnya.

Mungkin saja, katanya, saat masyarakat melihat kondisi kendaraan yang kotor saat itu petugas belum membersihkannya, tapi bukan berarti tidak ada kegiatan perawatan dan kepedulian.

Hening mengatakan selagi pihaknya mendapatkan solusi pendanaan pembangunan tahap ketiga masterplan revitalisasi berupa pembangunan basement parkir di kantornya, pihaknya masih harus memperpanjang sewa lahan parkir di Carrefour tahun ini.

Hening mengatakan penyewaan lahan parkir tersebut sudah melalui proses asistensi dan sesuai peraturan, saat usulan anggaran tahun sebelumnya. Namun, pihaknya belum bisa menyebutkan nilai sewa lahan parkir tersebut karena saat dihubungi, pihaknya tengah dinas luar kota.

Kenangan Teman Sekolah Naufal Adityan yang Tewas Tenggelam, Pernah Bolos dan Nyontek Bareng

Seorang pekerja di pusat perbelanjaan tersebut mengatakan mobil-mobil berpelat merah tersebut memang sudah terparkir di basement sejak dua tahun lalu. Namun beberapa di antaranya, masih dipakai.

"Sudah dua tahun diparkir di sini. Tapi memang suka dipakai, keluar masuk," kata perempuan yang enggan menyebutkan namanya tersebut.

Selain sekitar 7 mobil dinas yang terparkir di basement, ada juga dua mobil boks milik Bapenda Jabar dan dua mini bus berpelat merah.

Berdasarkan informasi yang didapat dari papan daftar harga parkir di pusat perbelanjaan tersebut, sebuah mobil ditarif Rp 3.000 pada jam pertama dan Rp 3.000 pada jam berikutnya. Sedangkan sebuah mobil boks ditarif Rp 6.000 pada jam pertama dan Rp 3.000 pada jam berikutnya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved