Kopdar Kelima, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Minta 5 Proyek Ini Dibantu oleh Gubernur Jabar

Sejumlah bupati/wali kota se-Jawa Barat berkumpul di Istora Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/2/2020).

Kopdar Kelima, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Minta 5 Proyek Ini Dibantu oleh Gubernur Jabar
tribunjabar/nandri prilatama
Kopdar Purwakarta1 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Sejumlah bupati/wali kota se-Jawa Barat berkumpul di Istora Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Kamis (13/2/2020).

Kegiatan rutin ini digelar Pemprov Jabar guna menampung aspirasi dari para kepala daerah ke Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Acara yang dinamai Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) ini dihadiri pula oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, Ade Adhyaksa dan sejumlah unsur pejabat lainnya.

Dalam Kopdar kali ini, pembahasannya terkait Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) yang sangat bermanfaat untuk diketahui para kepala daerah.

Purwakarta menjadi tuan rumah dalam Kopdar kali ini. Tampak suasana ceria dan cair diperlihatkan ketika Ridwan Kamil mempersilakan para bupati/wali kota untuk bercurhat meminta proyek-proyek pembangunan yang bakal mendapatkan bantuan dari gubernur.

Mau Mudik Lebaran Pakai Kereta Api? Malam Nanti Tiketnya Mulai Dijual

Kopdar Purwakarta 3
Kopdar Purwakarta 3 (tribunjabar/nandri prilatama)

Salah satunya Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan rencana proyek yang diajukan oleh Pemkab kepada Gubernur, seperti pembangunan Jalan Lingkar Barat dengan anggaran Rp 64 miliar, sarana prasarana pendidikan Rp 26 miliar, jaminan kesehatan untuk penerima bantuan iuran (PBI) Rp 27 miliar, pembangunan jembatan Rp 58 miliar, sarana prasarana pengelolaan sampah Rp 7 miliar

"Totalnya kami meminta ke Pak Gubernur Rp 183 miliar. Ini semua kami ajukan ke gubernur jika sejalan dengan provinsi ya bakal jadi pertimbangan dan diterima," kata Anne di Jatiluhur, Kamis (13/2/2020).

Pengajuan Anne terkait masalah sarana prasarana pengelolaan sampah, pembangunan Jalan Lingkar Barat dan Selatan, menurutnya mendukung program yang memang menjadi prioritas Pemprov Jabar di bidang pariwisata.

"Kami mengajukan Rp 7 miliar itu untuk membeli 8 unit kendaraan sampah guna mendukung Citarum Harum di wilayah seperti Jatiluhur dan Babakancikao. Kalau jalan lingkar barat dan selatan ini untuk membuka jalur wisata di kawasan Purwakarta," ujar Anne.

Di tempat yang sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau biasa disapa Emil mengatakan total keseluruhan pengajuan anggaran dari 27 kabupaten/kota senilai Rp 10 triliun untuk tahun ini.

Makam Misterius Berusia 117 Tahun Terkuak, Tenyata Tokoh Penting, Datang dari Jawa di Zaman Kolonial

Kopdar Purwakarta 2
Kopdar Purwakarta 2 (tribunjabar/nandri prilatama)

"Tahun ini saya ingin perjuangkan mimpi daerah ke APBN. Kami juga akan membuat tim ahli melobi agar bisa tercapai. Jadi, ke para kepala daerah ada peluang sebelum 9 April. Kami akan diskusikan ke Bappeda Jabar mana saja yang perlu dibantu. Kalau bisa proyek besar dahulu yang di atas Rp 300 miliar," ujarnya.

Emil juga memberikan saran kepada para kepala daerah untuk pintar-pintar dalam melobi terutama ke para anggota DPRD Jabar.

"Siapa yang pintar melobi ke anggota DPRD ya pasti dapat agar di 2021 bisa langsung terealisasi. Kalau bisa juga di setiap pemda ini bentuk tim lobi," ujarnya.

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved