Rencana Memindahkan Gedung Pemerintahan Kota Bandungke Gedebage Terkendala Lahan

Rencana memusatkan pemerintahan di satu titik ini sudah disiapkan sejak 2016 di era kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil,

Rencana Memindahkan Gedung Pemerintahan Kota Bandungke Gedebage Terkendala Lahan
Tribun Jabar/Cipta Permana
Balai Kota Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung kesulitan mencari lahan untuk lokasi gedung pemerintahan baru yang akan dipindahkan ke kawasan Bandung Timur, tepatnya di Gedebage sebagai pusat pemerintahan seiring dengan rencana pembangunan Bandung Teknopolis di kawasan tersebut.

Rencana memusatkan pemerintahan di satu titik ini sudah disiapkan sejak 2016 di era kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil, dan ditargetkan selesai pada 2018. Namun, hingga 2020 Pemkot Bandung ternyata masih terkendala lahan yang akan digunakan.

Kasubid Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappelitbang Kota Bandung, Andri Heru mengatakan rencana tersebut sampai saat ini masih diakomodir dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) 2020.

Untuk Gedung Pemerintahan, Pemkot Bandung Kemungkinan Ganti Desain Ridwan Kamil

"Artinya tidak kami ubah. Saat ini memang masih ada kendala status lahan, lahannya masih milik perorangan. Dulu, rencananya yang disebelah selatan Polda Jawa Barat, tapi itu lahannya milik Sumarecon," ujar Andri, saat ditemui di Balai Kota, Rabu (12/2/2020).

Dikatakan Andri, dulu pemerintah Kota sempat akan bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung untuk menukar lahan. Tapi, urung lantaran harus ada izin dari kementrian agama.

"Dan memang prosesnya rumit, jadi eksekusinya sampai sekarang belum terealisasi. Jadi, kendalanya masih di lahan," katanya.

Menurut Andri, membebaskan lahan puluhan hektare untuk gedung pusat pemerintah bukan perkara mudah. Dibutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk dari pihak legislatif.

"Ya, itu nanti perlu ada dukungan dari aspek politiknya, kita juga melihat potensi APBD, artinya dari pihak pimpinan harus berkomunikasi dengan pihak legislatif," ucapnya.

Andri memastikan rencana pemindahan gedung pusat pemerintahan ke Bandung Timur akan terus didorong.

"Dari segi tataruangnya sudah kami kunci untuk pusat pemerintahan, artinya itu menjadi salah satu penetapan bahwa ini tidak boleh ada perubahan," tambahnya.

APA KATA BOBOTOH Hari Ini ? 2 Pemain Resmi Gabung Persib Bikin Puas hingga Usulan Buat Usaha TV

Apa Kata Bobotoh - Aksi Geoffrey Castillion dan Wander Luiz bersama Persib Bandung di laga lawan Melaka United. (Foto: Tribun Jabar/Deni Denaswara)
Apa Kata Bobotoh - Aksi Geoffrey Castillion dan Wander Luiz bersama Persib Bandung di laga lawan Melaka United. (Foto: Tribun Jabar/Deni Denaswara) (Kolase Tribun Jabar)
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved