Longsor di Bandung Barat

10 Rumah di Hegarmanah KBB Tertimbun Longsor dari Sawah Samping Tol Purbaleunyi

Sedikitnya 10 rumah tertimbun longsor di Kampung Hegarmanah RT 3/4, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (11/2/20

10 Rumah di Hegarmanah KBB Tertimbun Longsor dari Sawah Samping Tol Purbaleunyi
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Relawan saat memindahkan barang-barang warga yang rumahnya diterjang longsor, Kampung Hegarmanah RT 3/4, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (12/2/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Sedikitnya 10 rumah tertimbun longsor di Kampung Hegarmanah RT 3/4, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (11/2/2020) malam.

Dari total 10 rumah itu, dua di antaranya rata dengan tanah.

Sedangkan 8 rumah yang lain tertutup tanah sebagian.

Namun rumah yang terdampak longsor terlihat rusak parah.

Kepala Sekolah di Mentawai Cabuli Murid SD 3 Kali, Tampar Jika Tak Dituruti Hingga Korban Muntah

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, mengatakan bahwa semua pemilik rumah yang terdampak longsor tersebut langsung dievakuasi ke tempat pengungsian karena rumahnya sudah tidak bisa ditempati.

"Akibat longsor ini, 10 rumah rusak berat (tertimbun), dua di antaranya rata dengan tanah. Pemiliknya sudah dievakuasi ke tempat yang aman, sebagian ada yang mengungsi ke rumah kerabatnya," ujar Duddy saat ditemui di lokasi kejadian.

Pantauan Tribun Jabar, posisi 10 rumah tersebut berada di lokasi yang paling bawah, sedangkan longsor itu terjadi dari area pesawahan yang lokasinya di bagian atas, tepatnya di samping Tol Purbaleunyi KM 118.

Duddy mengatakan, beberapa hari sebelumnya terjadi longsor di area pesawahan bagian atas. Sehingga menyebabkan ada genangan air karena gorong-gorong yang berada di bawah jalan tol itu tersumbat material longsor.

"Penyebab tersumbatnya gorong-gorong di bawah jalan tol itu karena terjadi longsor juga di bagian utara (atas)," katanya.

Akhirnya, genangan air yang membuat sawah menjadi seperti kolam itu meluap setelah turun hujan deras dan gorong-gorong yang asalnya tersumbat itu jebol hingga menerjang lahan pesawahan terasering.

Kemudian longsor dari area persawahan terasering itu longsor hingga tanahnya terus bergerak ke bawah dan akhirnya menerjang permukiman warga.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, karena sebelum tanah bergerak sampai permukiman, warga bisa langsung menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman," ucap Duddy.

Awalnya Pasrah Dibegal, Tiba-tiba Sopir Truk Naik Pitam dan Hajar Pembegal di Jalan Tol

BREAKING NEWS : Longsor Terjang Desa Hegarmanah, Sawah Terendam dan Satu Rumah Hancur

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved