Selama 2019, Ada 13 Kasus TKI Purwakarta, 5 Orang karena Kasus Tenaga Kerja Ilegal

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans ) Purwakarta mencatat ada 13 tenaga kerja Indonesia yang bermasalah di luar negeri selama 2019.

Selama 2019, Ada 13 Kasus TKI Purwakarta, 5 Orang karena Kasus Tenaga Kerja Ilegal
tribunjabar/nandri prilatama
Kepala Disnakertrans Purwakarta, Titov Firman 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi ( Disnakertrans ) Purwakarta mencatat ada 13 tenaga kerja Indonesia yang bermasalah di luar negeri selama 2019.

Kasus dari 12 di antara tenaga kerja itu sudah selesai sedangkan satu kasus sedang masih dikoordinasikan dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

Kepala Disnakertrans Purwakarta, Titov Firman, mengatakan satu kasus yang masih belum selesai ini karena memang pekerja migran Indonesia (PMI) tersebut masih berada di rumah majikannya.

Situasi itu mempersulit petugas untuk memulangkannya.

"PMI-nya itu atas nama Tuti Nurhayati asal Gunung Karong. Pihak KJRI sudah memanggil sampai dua kali tapi tak kunjung selesai. Akhirnya kami membuat surat ke luar negeri Arab Saudinya," ujarnya, Selasa (11/2/2020) di Purwakarta.

Para tenaga kerja di luar negeri ini bermasalah pada proses pemulangan, sakit, kecelakaan kerja, hingga pekerja yang unprosedural.

Wali Kota Bandung: Jepang Butuh Tenaga Kerja Indonesia, Gaji Bisa Rp 20 per Bulan, Ini Syaratnya

Tahun Ini, Jumlah Tenaga Kerja Asing asal China di Proyek KCIC Wilayah KBB Meningkat Drastis

"Sepanjang 2019 saja, ada 4 PMI yang sakit, 2 orang kecelakaan kerja, 2 orang yang meninggal dunia, dan selebihnya unprosedural alias ilegal atau tak melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS)," ujarnya.

PMI yang tak melalui PPTKIS, lanjut dia, biasanya pergi ke luar negerinya lewat perseorangan.

Titov juga meminta kepada keluarga yang anggota keluarganya bermasalah untuk pulang ke Tanah Air untuk segera ke Kantor Disnakertrans Purwakarta.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved