Menjelang Valentine, Petani dan Penyuplai Bunga Mawar di Lembang Marema, Harga Naik Ratusan Persen

Menjelang Valentine, petani dan penyuplai bunga mawar di Lembang marema. Harga naik ratusan persen.

Menjelang Valentine, Petani dan Penyuplai Bunga Mawar di Lembang Marema, Harga Naik Ratusan Persen
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Suasana di tempat penjualan bunga di Lembang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Menjelang hari kasih sayang atau Valentine yang jatuh pada 14 Februari, sejumlah petani bunga di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kebanjiran pesanan.

Bahkan, permintaan bunga mawar saat ini naik drastis hingga 300 persen dari biasanya karena banyak pembeli yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Asosiasi Bunga Khatulistiwa Bandung Barat, Wawan Witarsa, mengatakan, seiring dengan meningkatnya permintaan, harga bunga mawar grade A yang asalnya Rp 40 ribu per kodi, naik menjadi Rp 120 ribu per kodi.

"Memang dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan permintaan dan harga jual, dari kami juga sudah naik, maka otomatis harga di pasar bunga juga akan naik," ujarnya saat ditemui di Lembang, Selasa (11/2/2020).

Menurut dia, kenaikan permintaan bunga tersebut biasanya terjadi menjelang momen-momen hari tertentu seperti Valentine, hari Ibu, Imlek, serta Lebaran, sehingga para penjual sudah paham dengan peningkatan tersebut.

"Saat ini permintaan bunga mawar melonjak hingga 300 persen. Selain mawar merah, jenis mawar berwarna pink juga meningkat. Bunga ini dipasarkan ke pasar bunga di wilayah Jabodetabek, Sumatera, Bali, hingga Kupang," katanya.

Kendati demikian, kata dia, faktor permintaan bunga mawar yang cenderung meningkat menjelang hari Valentine ini tidak diimbangi dengan ketersediaan stok karena para petani kurang berminat menanam mawar merah.

Jadi di saat permintaan naik seperti sekarang, kata dia, stoknya juga terbatas.

Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor harga bunga mawar selalu meningkat menjelang Valentine.

"Bunga mawar asal Bandung Barat ini ditanam para petani bunga di kawasan Lembang, Parongpong, dan Cisarua. Bunga-bunga ini biasanya memasok 70 persen kebutuhan pasar di Indonesia," ucapnya.

Selain ke petani, permintaan bunga mawar ke penyuplai Grace Rose Farm yang biasanya dipasok ke sejumlah daerah mengalami peningkatan hingga 40 persen.

"Terjadi peningkatan permintaan antara 30-40 persen, untuk pengiriman banyaknya ke Jakarta dan Bali," ujar Marketing Grace Rose Farm, Indra Pratama.

Namun, hingga saat ini suplai bunga mawar dari para petani untuk dikirim ke daerah-daerah masih kurang karena faktor cuaca yang kurang baik.

Kata-kata Manis yang Bisa Digunakan untuk Ucapan Hari Valentine, Terinspirasi dari Film Romance

Deretan Kata-kata Bijak Hari Valentine Bahasa Inggris dan Indonesia, Bagikan pada Hari Kasih Sayang

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved