Patung di Batu Mahpar Tasikmalaya

Kepala Dinas Pariwisata Terkejut Puluhan Patung Diduga Artefak Ditemukan di Batu Mahpar Tasikmalaya

Kepala Dinas Pariwisata terkejut puluhan diduga artefak ditemukan di Batu Mahpar, Tasikmalaya.

Kepala Dinas Pariwisata Terkejut Puluhan Patung Diduga Artefak Ditemukan di Batu Mahpar Tasikmalaya
Tribun Jabar/Firman Suryaman
Patung-patung batu diduga artefak masih disimpan berceceran di obyek wisata Batu Mahpar, Selasa (11/2/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tasikmalaya, Safari Agustin, mengaku terkejut dengan adanya temuan puluhan patung yang diduga artefak di objek wisata Batu Mahpar, Kampung Tegal Munding, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari.

"Kami sudah menerima laporan hari ini tentang temuan puluhun patung batu ini. Saya sendiri cukup terkejut karena objek wisata itu sudah sekitar lima tahun berdiri, dan selama ini tidak diketahui tentang keberadaan patung-patung itu," kata Safari, melalui sambungan telepon, Selasa (11/2/2020).

Sedikitnya 22 patung ditemukan di dua tempat di kawasan objek wisata Batu Mahpar.

Pihak pengelola sebenarnya sudah mengetahui adanya patung itu sejak tahun 2013 berbarengan dengan mulai dibangunyna obyek wisata alam itu.

Oys Sya'adah, karyawati obyek wisata Batu Mahpar, memeperlihatkan dua patung mirip monyet duduk yang ditemukan sekitar 50 cm dari kedalaman tanah.
Oys Sya'adah, karyawati obyek wisata Batu Mahpar, memeperlihatkan dua patung mirip monyet duduk yang ditemukan sekitar 50 cm dari kedalaman tanah. (Tribun Jabar/Firman Suryaman)

Namun karena fokus ke pengembangan dan penataan, upaya penggalian baru dilaksanakan Minggu (9/2/2020).

Safari mengatakan, pihaknya akan membentuk tim untuk meninjau lokasi temuan patung batu tersebut, Rabu (12/2/2020).

Hasil peninjauan bisa saja diserahkan ke instansi terkait seperti Balai Arkeologi di Bandung untuk diteliti lebih mendalam lagi.

Terutama untuk memastikan apakah memang artefak atau bukan.

"Kami bentuk tim dulu, lalu besok (Rabu, Red) akan diterjunkan ke lokasi. Saya juga akan ikut meninjau langsung. Temuan kemudian didokumentasikan, karena kemungkinan akan diserahkan ke Balai Arkeologi di Bandung sebagai data awal untuk diteliti lebih lanjut," kata Safari.

Seorang pegawai di obyek wisata Batu Mahpar, Kabupaten Tasikmalaya, tengah membersihkan patung yang ditemukan di objek wisata tersebut.
Seorang pegawai di obyek wisata Batu Mahpar, Kabupaten Tasikmalaya, tengah membersihkan patung yang ditemukan di objek wisata tersebut. (Tribun Jabar/Firman Suryaman)

Menurutnya, selama buka lima tahun objek wisata Batu Mahpar sudah dikenal, tak hanya wilayah Priangan Timur tapi juga kota-kota besar di Jabar dan Jabodetabek.

"Daya tariknya selain keindahan alam serta destinasi buatan, juga ada sungai yang berisikan hamparan batu sepanjang sekitar 500 meter," kata Safari.

Patung yang Ditemukan di Batu Mahpar Tak Terkubur Dalam, Patung Mirip Monyet Ketemu di Bawah Tangga

BREAKING NEWS, Ditemukan Puluhan Patung di Batu Mahpar Kabupaten Tasikmalaya, Diduga Artefak

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved