Dua Calon Kades Itu Ternyata Suami Istri, Berebut Kursi Kades Padamulya Cihaurbeuti Ciamis

Dua calon kades yang sudah ditetapkan maju pada Pilkades Serentak 2020 di Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti

Dua Calon Kades Itu Ternyata Suami Istri, Berebut Kursi Kades Padamulya Cihaurbeuti Ciamis
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
ilustrasi Pilkades Serentak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dua calon kades yang sudah ditetapkan maju pada Pilkades Serentak 2020 di Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis ternyata pasangan suami isteri yakni Enjang Haerudin (50) dan isterinya Yuliani (47), warga Dusun Ciawitali RT 09/08.

“Keduanya  lolos verfikasi persyaratan. Dan sudah ditetapkan sebagai calon kades untuk maju pada Pikades Serentak 2020 di Desa Padamulya tanggal 12 April nanti,” ujar Ketua Panitia Pelaksanaan Pilkades Desa Padamulya Cihaurbeuti Ciamis, Nurhidayat (35) kepada Tribun ,Selasa (11/2/2020).

Desa Padamulya merupakan satu dari 143 desa yang mengikuti Pilkades Serentak 2020 yang hari H-nya pada 12 April. Sehari menjelang batas akhir pendaftaran calon, menurut Nurhidayat, baru seorang calon yang mendaftar yakni Enjang Haerudin.

Kades incumbent, Dede Ali tidak mencalonkan diri. Sementara Enjang Haerudin yang pernah jadi Kades Padamulya, kembali mencalonkan diri.

Pulang Ngojek, Motor Diparkir di Depan Kontrakan, Tiga Jam Kemudian Motor Hilang Dicuri

“Sampai Selasa (28/1) siang baru seorang calon yang mendaftar. Beruntung saat injury time, sekitar pukul 14.00 (menjelang batas waktu pukul 15.00) ada seorang lagi yang mendaftar,” jelasnya.

Dan pendaftar kedua tersebut adalah Yuliani (47) yang tidak lain adalah isteri dari Enjang Haerudin. Ibu dari tiga anak.

“Karena sudah ada dua calon yang mendaftar, tidak perlu ada tahapan perpanjangan pendaftaran calon. Setelah itu kami dari panitia langsung melakukan verifikasi persyaratan,”ujar Nurhidayat.

Dari hasil verifikasi persyaratan kata Nurhidayat, kedua calon memenuhi persyaratan.

“Dan keduanya sudah ditetapkan sebagai calon peserta pilkades Desa Padamulya. Jadi calon kades peserta Pilkades Serentak di Desa Padamulya adalah pasangan suami isteri. Dan penetapan nomor urut calon akan dilaksanakan tanggal 3 April nanti,” katanya.

Setelah penetapan calon, tahapan pilkades serentak Desa Padamulya katanya saat ini adalah penetapan daftar pemilih sementara yang jumlahnya sebagai 3.950 pemilih yang tersebar di enam dusun.

Yakni Dusun Depok, Seda Kidul, Seda Kaler, Padamulya, Ciawitali dan Dusun Bojong.

Pilkades Serentak 2020, Kepala DPMD Purwakarta Janji Secepatnya Ada Keputusan Bersama DPRD

Dari 11 desa di Kecamatan Cihaurbeuti, ada delapan desa yang ikut Pilkades Serentak 2020 ini. Yakni Desa Padamulya, Desa Sukamaju, Desa Sukahurip, Desa Sukasetia, Desa Sukamulya, Desa Sumber Jaya,  dan Desa Pasir Tamiang.

Desa Padamulya Cihaurbeuti Ciamis ini pernah dilanda banjir bandang Senin (29/3/2011) sore Sembilan tahun lalu yang menewaskan setidaknya empat orang warga.

“Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, kami dari panitia terus melakukan sosialisasi. Sesuai dengan ketentuan, bila partisipasi pemilih dibawah angka 50%, pilkades dianggap tidak sah. Tingkat partisipasi minimal 50% + 1,” ujar Nurhidayat

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved