Bogor Street Festival Cap Go Meh 2020, Emil: Jabar Wakili Keberagaman Budaya di Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mendampingi Menteri Pariwisata RI Wishnutama melepas pawai seni dan budaya Bogor St

Bogor Street Festival Cap Go Meh 2020, Emil: Jabar Wakili Keberagaman Budaya di Indonesia
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mendampingi Menteri Pariwisata RI Wishnutama melepas pawai seni dan budaya Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Sabtu (8/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Wali Kota Bogor Bima Arya mendampingi Menteri Pariwisata RI Wishnutama melepas pawai seni dan budaya Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2020 di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Sabtu (8/2/2020).

Terdapat 40 sanggar asal Kota Bogor, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, Karawang, Subang, Ciamis, Cianjur, hingga Kota Sukabumi, yang menampilkan kreasi seni dan pertunjukan budaya di festival ini.

Ada juga para seniman dan budayawan dari daerah lain di Indonesia dan mancanegara, mulai dari Tangerang, Tegal, Nusa Tenggara Timur, Papua, Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Selatan, serta Taiwan.

Pria yang akrab disapa Emil itu pun mengapresiasi kegiatan pawai seni dan budaya Bogor Street Festival CGM 2020 sebagai penyelenggaaraan festival yang paling meriah dan menjadi bukti keberagaman yang ada di Jabar, provinsi dengan penduduk hampir 50 juta jiwa.

“Saya sangat menyukai dan mencintai Bogor Street Festival Cap Go Meh karena ini satu-satunya yang paling gebyar dalam merayakan keberagaman budaya di Jawa Barat,” ujar Ridwan Kamil dalam kesempatan tersebut.

Dinas ESDM Pasang Listrik Gratis bagi 20.000 Keluarga Miskin di Jabar Tahun Ini

Festival seni dan budaya, lanjut Ridwan Kamil, merupakan wadah untuk mengekspresikan perasaan insan manusia yang ingin merayakan kebersamaan dan kerukunan dalam perbedaan.

Bogor Street Festival CGM 2020 pun diharapkan menjadi bukti bahwa Jabar adalah provinsi yang sangat menghargai perbedaan dan toleransi.

“Ekspresi ini kita terjemahkan dalam tarian, puisi, iring-iringan, dan sebagainya. Dan mudah-mudahan inilah wajah Jawa Barat yang sebenarnya. Pesan dari festival ini sangat penting bahwa Jawa Barat mewakili wajah Indonesia penuh dengan keragaman budaya," kata Ridwan Kamil.

Selain itu, sosok Inspirational Leader Asia-Pacific pada GovInsider Innovation Awards 2019 ini berujar, event tahunan Bogor Street Festival CGM 2020 bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di Jabar.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved