Masuk Musim Hujan, Kepala Diskar PB Purwakarta Sebut Wilayah Ini Masuk Zona Merah Bencana

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta, Wahyu Wibisono meminta kepada warga masyarakat untuk tetap waspada

Masuk Musim Hujan, Kepala Diskar PB Purwakarta Sebut Wilayah Ini Masuk Zona Merah Bencana
Tribun Jabar/Muhammad Nandri Prilatama
Longsor terjadi di Kampung Cileweung RT 13/7, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Sabtu (8/2/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta, Wahyu Wibisono meminta kepada warga masyarakat untuk tetap waspada di musim yang telah memasuki musim hujan ini terlebih dengan curah dan intensitas hujan yang tinggi.

Wibi sapaan akrab Kepala Diskar PB Purwakarta ini mengaku pihaknya telah memetakan wilayah yang memang termasuk dalam zona merah bencana longsor yang seluruhnya berada di wilayah dataran tinggi.

"Untuk pemetaan daerah rawan banjir dan longsor seperti yang telah dirilis oleh BMKG bahwa memang Kecamatan Bojonh ini berada pada titik menengah ke arah tinggi (zona merah)," ujarnya melalui pesan singkat, Sabtu (8/2/2020).

BREAKING NEWS Vila dan Dua Bangunan Rusak Parah Diterjang Longsor di Bojong Timur Purwakarta

Longsor terjadi di Kampung Cileweung RT 13/7, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Sabtu (8/2/2020)
Longsor terjadi di Kampung Cileweung RT 13/7, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Sabtu (8/2/2020) (Tribun Jabar/Muhammad Nandri Prilatama)

Dataran yang berada pada dataran tinggi mulai Kecamatan Pondok Salam, Kiarapedes, Wanayasa, Bojong, hingga Darangdan, kata Wibi harus waspada di musim hujan ini, apalagi bagi warga yang tinggal di dekat tebing atau lokasi rawan terjadinya longsor yang dapat membahayakan nyawa.

Ketika disinggung terkait pembentukan tim kesiapsiagaan bencana di wilayah-wilayah yang termasuk dalam zona merah, Wibi mengaku berdasarkan laporan dari para camat yang sesuai instruksi Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, agar setiap kecamatan untuk membentuk tim kesiapsiagaan bencana dengan melibatkan seluruh stakeholder di masing-masing kecamatan tersebut.

"Sudah ada semua tim kesiapsiagaan atau Satgas Bencana di kecamatan-kecamatan yang masuk dalam zona merah bencana ini," ujarnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, bencana longsor terjadi pada Jumat (7/2/2020) malam di Kampung Cileuweung RT 13/7, Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, dan mengakibatkan satu villa serta dua bangunan lainnya rusak parah diterjang longsor dari ketinggian 30 meter.

Tak hanya itu, beberapa hari lalu juga di wilayah Pondok Salam tepatnya di Desa Gurudug terjadi banjir yang merendam sejumlah rumah warga akibat meluapnya air Sungai Ciherang. Beruntung, dalam dua kejadian ini tak ada korban jiwa. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved