Prabowo Minta Restu Bikin Patung Bung Karno Naik Kuda, Megawati Tersenyum

patung Bung Karno menunggang kuda tersebut akan dibuat di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

KOMPAS.com/Haryantipuspasari
Ketua DPR Puan Maharani mendampingi mantan Presiden Ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dalam peresmian Patung Bung Karno di kompleks Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Jumat (7/2/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meminta restu Megawati untuk membuat patung Soekarno atau Bung Karno yang tengah menunggang kuda.

Rencananya, patung Bung Karno menunggang kuda tersebut akan dibuat di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Menurut Prabowo, patung itu pun lepas dari sejarah antara Bung Karno dengan kuda.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri peresmian patung Bung Karno di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, oleh putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, Jumat (7/2/2020).

"Saya juga sampaikan, Kemenhan juga punya rencana membikin patung Bung Karno, tetapi di atas kuda," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Prabowo menegaskan bahwa rencananya membuat patung "Sang Proklamator" serius.

Alasannya, kata Prabowo, Bung Karno merupakan panglima tertinggi pada angkatan perang pertama.

Gerindra Surakarta Sebut Sudah Dapat Restu Prabowo Dukung Gibran di Pilkada Solo

Daftar Lengkap Mutasi 45 Perwira Tinggi TNI, Ada Jenderal Gabung Prabowo Subianto di Kemhan

"Ini penting. Karena ulang tahun angkatan perang pertama, berarti ulang tahun TNI yang pertama. Itu Presiden Soekarno Panglima Tertinggi, inspeksi pasukan. Menjadi Irup di atas kuda. Jadi ini fakta sejarah yang ingin kita abadikan untuk generasi penerus," ujar Prabowo.

Keseriusan Prabowo dalam merealisasikan rencana itu terlihat ketika ia meminta izin pembuatan patung tersebut kepada Megawati yang duduk di sampingnya.

"Ya nanti Kemhan akan punya patung Bung Karno di atas kuda. Izin Bu. Ada sejarah Bu," kata Prabowo.

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved