Persib Bandung

Komentar Fabiano Beltrame Soal Formasi 3 Bek Persib Bandung ala Robert Alberts

Formasi dengan tiga bek tengah itu terbilang baru untuk Persib Bandung karena pada musim lalu Roberts Alberts selalu memasang 4-4-2 atau 4-3-3.

Tribun Jabar/Deni Denaswara
Bek Persib Bandung yang direkrut dari Madura United, Fabiano Beltrame. Dua pekan sebelum jadwal kick off Liga 1 2019, proses naturalisasinya belum beres. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, kerap kali memasang formasi 3-5-2 dalam beberapa kali latihan dan gim internal.

Bahkan, Robert Alberts memasang formasi tiga bek itu di akhir babak kedua dalam laga uji coba Persib Bandung lawan Melaka United di Stadion Si Jalak Harupat.

Dalam laga pada awal Februari lalu itu formasi tiga bek itu diisi Fabiano Beltrame, Victor Igbonefo, dan Nick Kuipers.

Formasi dengan tiga bek tengah itu terbilang baru untuk Persib Bandung karena pada musim lalu Roberts Alberts selalu memasang 4-4-2 atau 4-3-3.

Hadirnya Victor Igbonefo musim ini menjadi indikasi kuat alasan Robert Alberts menggunakan formasi tersebut.

Pemain bertahan Persib Bandung, Fabiano Beltrame mengatakan formasi tiga bek bukanlah sesuatu yang baru baginya.

Starting XI Persib Bandung vs Melaka United.
Starting XI Persib Bandung vs Melaka United. (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Jadwal Uji Coba Persib Bandung Sepekan ke Depan, Lawan Siapa Saja?

Kabar Ilija Spasojevic ke Persib Bandung, Robert Alberts: Orang Cari Uang dari Rumor Seperti Ini

Apalagi rekan duet Fabiano di lini pertahanan Persib Bandung, Victor Igbonefo dan Nick Kuipers bukan orang baru bagi bek asal Brasil itu sehingga tak perlu waktu lama untuk adaptasi.

"Buat tiga bek itu bagus, saya pikir kami sudah pernah main sama Victor pas kamj lagi di Arema, dan sama Nick tahun lalu satu musim. Mungkin yang kurang di tengah, karena kami cuma bek. Itu coach akan lihat mana strategi yang paling bagus untuk nanti di liga kami pakai," ujar Fabiano Beltrame setelah berlatih di Stadion Siliwangi, Jumat (7/2/2020).

Pada saat beruji coba menghadapi Melaka United beberapa waktu lalu, formasi 3-5-2 sempat diterapkan oleh Robert Alberts.

Meskipun hanya sekitar 20 menit, tiga bek sejajar ini membuat Persib Bandung memiliki banyak alternatif formasi di lini pertahanan.

Fabino Beltrame pun belum tahu apakah formasi tiga bek ini akan dipatenkan atau tidak untuk menghadapi Liga 1 2020.

"Ya kami mungkin cuma kemarin habis lawan Melaka United selama 20 menit terakhir (3 bek) dan enggak tahu besok dia (pelatih) akan pasang atau tidak. Yang terpenting siapapun yang main selalu pemain ingin kasih yang terbaik, dan apapun pilihan coach pakai tiga atau dua, kami satu grup yang kuat, yang penting Persib yang menang," katanya.

Penulis: Ferdyan Adhy Nugraha
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved