Kaum Pria di Finlandia Kini Dapat Jatah Cuti Melahirkan yang Sama dengan Perempuan

Kaum pria di Finlandia kini dapat memiliki banyak waktu bersama anak setelah pemerintah mengumumkan cuti melahirkan bagi laki-laki.

Kaum Pria di Finlandia Kini Dapat Jatah Cuti Melahirkan yang Sama dengan Perempuan
Shutterstock
Finlandia 

TRIBUNJABAR.ID, NEW YORK - Kaum pria di Finlandia kini dapat memiliki banyak waktu bersama anak setelah pemerintah mengumumkan cuti melahirkan bagi laki-laki.

Durasi cuti melahirkan bagi kaum laki-laki pun disamakan dengan kaum perempuan.

Selain itu, pemerintah setempat juga bakal meningkatkan besaran tunjangan keluarga dari yang sebelumnya 11,5 bulan gaji menjadi lebih dari 14 bulan gaji.

Dikutip dari CNBC Kamis (6/2/2020), pemerintah Finlandia yang baru ditunjuk pada Desember lalu mengatakan bahwa kedua orang tua baik ayah maupun ibu akan mendapatkan cuti melahirkan berbayar hingga 164 hari, atau 6,6 bulan.

Jumlah Korban Virus Corona Bertambah, Total 492 Orang di China Dilaporkan Meninggal

Untuk perempuan hamil bakal mendapatkan satu bulan tambahan dari kuota tersebut dan orang tua tunggal bisa menggunakan total tunjangan yang ditawarkan kepada dua orang tua.

Selain itu, orang tua juga bisa menyimpan 69 hari dari hari cuti tersebut untuk digunakan belakangan.

Pemerintah Finlandia mengatakan, perubahan aturan tersebut bakal mulai berlaku paling cepat pada 2021 dan kebijakan tersebut saat ini sedang dalam proses pengembangan.

Namun demikian, pemerintah belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai perpanjangan lama cuti tersebut bakal dibayar secara penuh.

Menteri Sosial dan Kesehatan Finlandia Aino Kaisa Pekonen mengatakan, reformasi tersebut merupakan bentuk investasi untuk masa depan dan kesejahteraan keluarga.

Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi batu loncatan yang lebih baik dan meningkatkan kekuatan hubungan antara kedua orang tua dengan anaknya sejak masih bayi.

Halaman
12
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved