Sekolah Lansia Pertama Diresmikan di Sukajadi Kota Bandung, Segera Menyusul 4 Sekolah Sejenis

Untuk memfasilitasi kegiatan para warga lanjut usia (Lansia), Pemerintah Kota Bandung mendirikan Sekolah Lansia

Mumu Mujahidin
ilustrasi lansia 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Untuk memfasilitasi kegiatan para warga lanjut usia (Lansia), Pemerintah Kota Bandung mendirikan Sekolah Lansia. Sekolah ini akan memberikan pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan lansia.

Tujuan dihadirkannya sekolah lansia yaitu, meningkatkan pengetahuan dan perilaku lansia terhadap kesehatan, meningkatkan indeks kebahagiaan lansia, meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas lansia dan meningkatkan kemandirian dari aspek kesehatan fisik, psikologi, sosial dan spiritual.

Sekolah pertama yang diresmikan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yaitu Sekolah Lansia Sibulan, di Kantor Kecamatan Sukajadi, Rabu (5/2/2020).

Rencananya, akan ada empat sekolah lainnya di Kota Bandung. Rencananya akan ada di Antapani, Sukajadi, Ujungberung dan Cinambo.

Perlu diketahui, lansia di Kota Bandung tercatat sebanyak 275.140 jiwa, atau eskitar 11% dari 2.452.179 jiwa total penduduk Kota Bandung. Sedangkan angka harapan hidup (AHH) Kota Bandung mencapai usia 74 Tahun.

Nasib Dony Pedro King Of The King, Jalani Proses Hukum di Pengadilan Militer di Bandung,Ini Kasusnya

“Sekolah ini diharapkan bisa meningkatkan indeks harapan hidup para lansia. Sehingga mereka tetap bisa sehat dan mandiri,” ujar Yana.

Menurut Yana, meski berlabel sekolah, nantinya pendidikan yang disampaikan lebih ke aplikatif bukan teoritis. Mengingat para lansia lebih mudah untuk melakukan yang aplikatif.

“Tidak teoritis. Untuk pesertanya itu didata dulu, tawarkan kepada para lansia. Mau ikut atau tidak? Intinya lebih sukarela,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Indonesia Ramah Lansia (IRL), Susiyana mengatakan, Sekolah Lansia akan mengajarkan mengenai pengenalan proses penuaan, pencegahan penyakit, meningkatkan kebugaran dan keseimbangan, pencegahan dimensia atau kepikunan dan keterampilan dan produktif.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved