Bahayakan Pengendara, Jalan Rusak di Purwakarta Langsung Diperbaiki

Pada Senin dan Selasa lalu, kecelakaan terjadi di Jalan Raya Ciganea, Kabupaten Purwakarta, yang mengakibatkan satu orang tewas terlindas truk

Bahayakan Pengendara, Jalan Rusak di Purwakarta Langsung Diperbaiki
Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama
Perbaikan jalan rusak di Kabupaten Purwakarta, Rabu (5/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA- Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Purwakarta telah menginventarisasi jalan-jalan yang dianggap rusak.

Jalan-jalan rusak, semisal berlubang, dapat membahayakan pengguna jalan seperti yang terjadi di Jalan Raya Ciganea.

Pada Senin dan Selasa lalu, kecelakaan terjadi di Jalan Raya Ciganea yang mengakibatkan satu orang tewas terlindas truk dan beberapa orang mengalami luka ringan hingga luka berat.

Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Purwakarta, Hariman Budi Anggoro mengatakan Jalan Raya Ciganea berstatus jalan nasional sehingga kewenangan untuk perbaikan jalan yang berlubang ada pada Kementerian PUPR.

"Berdasar undang-undang nomor 38 tahun 2004 tentang jalan, Jalan Raya Ciganea itu masuknya jalan nasional dan kami segera koordinasikan dengan pejabat pembuat komitmen (PPK) nasional. Jadi, ada mekanismenya," ujarnya di kantornya, Rabu (5/2/2020).

Pascakecelakaan yang terjadi di Jalan Raya Ciganea tersebut, Hariman mengatakan pihaknya langsung menindaklanjuti laporan warga melalui sms center kemudian meneruskan ke Balai Jalan Nasional.

Jalan Raya Ciganea Banyak Kendaraan Besar, Polres Purwakarta Siap Kaji Jam Operasionalnya

Sehari Dua Pemotor Terlindas Truk di Jalur Ciganea Purwakarta, Seorang Tewas Seorang Lagi Kritis

Balai Jalan Nasional langsung pun bergerak memperbaiki jalan rusak tersebut, termasuk pada hari ini.

Di Kabupaten Purwakarta, kata Hariman, ada empat ruas jalan provinsi, di antaranya jalan dari Pasar Rebo sampai Jalan Cagak sepanjang 28,3 kilometer dengan lebar bervariasi antara 6-8 meter.

"Kami usulkan ke provinsi untuk melebarkannya. Tahun ini ada anggaran pelebaran jalan untuk jalur wisata menuju Sariater, Subang," ucap dia.

Ruas Jalan H Iming sampai Jalan Karawang Timur (Curug) juga berstatus jalan provinsi. Lalu, ketiga jalan mulai Jembatan Besi sampai PJT Jatiluhur.

"Terakhir itu Jalan Sadang-Subang (provinsi). Nah, kewenangan itu sekarang sudah ada balainya yang kantornya berada di belakang Kantor Distarkim Purwakarta," katanya.

Sementara itu, untuk jalan statusnya kabupaten, Hariman mengatakan terdapat sepanjang 728,8 kilometer yang berada di Purwakarta.

Jika ada kerusakan-kerusakan di jalan-jalan kabupaten itu, pihaknya langsung melakukan tanggap darurat.

"Kalau kerusakannya besar kami menunggu pelelangan pada Februari atau Maret," ujarnya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved