Wisata Garut Kerap Dinilai Mahal, BPPD Garut Mau Ubah Kesan Itu dan Berharap Warga Sadar Wisata

Citra wisata Garut kerap dianggap sejumlah wisatawan mahal. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Garut

Wisata Garut Kerap Dinilai Mahal, BPPD Garut Mau Ubah Kesan Itu dan Berharap Warga Sadar Wisata
TRIBUN JABAR/M SYARIF ABDUSSALAM
Pengunjung menikmati papan seluncuran di salah satu tempat wisata kolam renang di Cipanas Garut 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Citra wisata Garut kerap dianggap sejumlah wisatawan mahal. Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Garut menyadari kesan mahal tersebut. Pasalnya sadar wisata dari masyarakat Garut dinilai masih minim.

Ketua BPPD Garut, Rahmat Hadi, menuturkan tengah berusaha mengubah kesan negatif tersebut. Jika dibiarkan, maka akan berdampak kepada tingkat kunjungan wisatawan.

"Padahal banyak potensi wisata di Garut. Memang perlu ada perbaikan biar Garut bisa semakin nyaman dikunjungi wisatawan," ucap Rahmat, Senin (3/2/2020).

Garut memiliki banyak destinasi wisata dengan berbagai daya tarik. Namun keunggulan wisata itu, perlu dikemas lebih baik. Inovasi perlu dilakukan di setiap objek wisata.

Angin Kencang Bikin Pohon Tumbang dan Timpa Ruang Kelas SD Cigorowong 3 Cisayong Tasikmalaya

"Jika masyarakat di sekitar objek wisata sudah sadar, pasti akan buat nyaman ke wisatawan. Hal ini jadi fokus dari kami," katanya.

Rahmat menambahkan, pihaknya tengah berupaya agar setiap objek wisata bisa memiliki ruang untuk pagelaran seni. Nantinya tempat kesenian itu bisa memberdayakan masyarakat sekitar.

"Budaya yang ada di Garut bisa dikenal wisatawan. Masyarakat perlahan juga bisa sadar dampak dari wisata. Terutama dampak dari ekonomi," ujarnya.

Salah satu destinasi wisata yang sedang membangun ruang untuk pagelaran seni dan kebudayaan yakni di Karacak Valey di Kecamatan Garut Kota. Saat ini, objek wisata itu masih didominasi pengunjung lokal.

"Kami ingin wisatawan luar juga bisa datang ke sana. Daya tariknya tak hanya dari suasana alam. Tapi ada pagelaran budaya dan seni yang bisa disaksikan," katanya.

Lokasinya Gelap, Jurang Cisarongge Pun Jadi Tempat Pilihan untuk Membuang Mayat

Ia berharap, semua objek wisata di Garut bisa mengenalkan kearifan lokal. Wisata di Bali atau Yogyakarta bisa dikenal hingga mancanegara karena adanya campur tangan masyarakat.

"Jangan sampai muncul lagi wisata Garut mahal. Memang tidak bisa sekaligus. Kami coba agar kesadaran masyarakat bisa lebih baik lagi," ucapnya

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved