Persib Bandung

Komentar Dadang Hidayat Soal Formasi 3 Bek Persib Bandung ala Robert Alberts

Perubahan formasi dari 4-4-2 menjadi 3-5-2 membuat tiga bek tengah Persib Bandung, Nick Kuiper, Fabiano Beltreme, dan Victor Igbonefo bermain bersama

Komentar Dadang Hidayat Soal Formasi 3 Bek Persib Bandung ala Robert Alberts
Instagram/persibday
Dadang Hidayat, mantan pemain Persib Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferdyan Adhy Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mencoba dua formasi berbeda pada saat beruji coba lawan Melaka United di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/2/2020).

Dalam lawan Persib Bandung vs Melaka United itu, Robert Alberts memulai pertandingan dengan formasi 4-4-2 lalu mengubahnya menjadi 3-5-2 setelah memainkan Fabiano Beltrame pada menit ke 76.

Perubahan formasi dari 4-4-2 menjadi 3-5-2 membuat tiga bek tengah Persib Bandung, Nick Kuiper, Fabiano Beltreme, dan Victor Igbonefo untuk pertama kalinya bermain secara berbarengan.

Mantan pemain Persib Bandung, Dadang Hidayat menilai penggunaan formasi 3-5-2 sangat bagus untuk memperkuat pertahanan.

Dadang Hidayat yang di eranya bermain dengan formasi itu mengatakan formasi 3-5-2 akan membuat lawan menjadi kesulitan untuk menembus pertahanan Persib Bandung.

Starting XI Persib Bandung vs Melaka United.
Starting XI Persib Bandung vs Melaka United. (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Pilih Hengkang, Mantan Pemain Persib Menilai Jupe Ambil Keputusan Tepat

Robert Alberts Tak Bosan Puji Geoffrey, Sekarang Puji Hal Ini, Tanda Dikontrak Persib Kian Besar Nih

"Formasi, 3-5-2 sepengalaman saya, dulu kan saya libero di 3-5-2 untuk bertahan sangat bagus. Kenapa? Karena kalau tim lawan pakai dua striker otomatis kami punya lebih satu, ada yang freenya yang liberonya. Begitu satu striker (lawan) lolos dari satu stopper, ada yang mengcovernya dan lebih dekat jaraknya karena bentuknya di sana segi tiga," ujar Dadang Hidayat kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Senin (3/2/2020).

Memakai formasi 3-5-2 tentu dibutuhkan dua orang wing back yang memiliki kecepatan dan stamina prima agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Formasi 3-5-2 mensyaratkan dua pemain yang berposisi wing back akan mendapat tugas naik dan turun demi  membantu penyerangan dan pertahanan.

Dahi sapaan akrab Dadang Hidayat menilai skuat Persib Banddung saat ini cukup mumpuni untuk menerapkan formasi itu.

Ada pemain senior semisal Supardi Nasir, lalu para pemain dengan kecepatan tinggi semisal Febri Hariyadi, Frets Butuan, Ardi Idrus, dan Zalnando yang bisa memerankan wing back di formasi 3-5-2.

"Untuk penyerangan kalau melihat sih Persib mempunyai wing back yang mempunyai stamina bagus. Punya kecepatan bagus untuk bisa naik turun. Karena kan kalau 3-5-2 yang namanya wing back otomatis yang dari belakang naik turun ke atas. Bolak-balik," katanya. 

Penulis: Ferdyan Adhy Nugraha
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved