Breaking News:

Cegah Banjir dan Lestarikan Lingkungan, Kader PDIP dan Warga Kelurahan Derwati Tanam Seribu Pohon

Wujud kepedulian terhadap lingkungan, khususnya upaya penanganan musibah banjir yang kerap melanda, PDIP Kota Bandung menanam pohon di bantaran sungai

Tribun Jabar/Cipta Permana
Ketua DPC PDIP Kota Bandung, Achmad Nugraha bersama Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung dari fraksi PDIP, Folmer SM Silalahi melakukan gerakan serentak nasional penanaman pohon, dalam kegiatan Leuweung Padjadjaran di bantaran Sungai Cipamokolan, Keluharan Derwati, Kota Bandung, Minggu (2/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, khususnya upaya penanganan musibah banjir yang kerap melanda sebagian wilayah Kota Bandung, sejumlah kader DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Bandung menanam pohon di sepanjang bantaran Sungai Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Minggu (2/2/2020).

Bersama masyarakat setempat, sebanyak seribu buah pohon beraneka jenis dan rupa ditanam para peserta aksi dalam kegiatan Pencangan Leuweung Padjadjaran bertajuk "Melestarikan Lingkungan, Memelihara Hutan dan Sungai Sebagai Simbol Peradaban"

Ketua DPC PDIP Kota Bandung, Achmad Nugraha mengatakan, aksi penanaman pohon tersebut, merupakan bagian dari rangkaian gerakan nasional yang serentak dilakukan di bantaran aliran sungai dan lahan pegunungan yang kondisinya kritis.

Anggota DPRD Jabar Waras Wasisto Hadiri Penananam Pohon di Bantaran Sungai Citarum

Untuk di Jawa Barat, aksi ini di lakukan serentak di seluruh bantaran sungai yang bermuara ke Sungai Citarum di sejumlah wilayah kabupaten/kota.

"Selain merupakan arahan dari DPP PDIP, gerakan ini merupakan wujud komitmen kami tentang bagaimana cara mencintai bumi dan lingkungan di tengah kondisi bangsa ini yang dilanda berbagai persoalan bencana alam selama ini," ujarnya disela kegiatan.

Gerakan ini, lanjutnya tidak hanya dilakukan hari ini dan di Sungai Cipamokolan, Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari saja, tetapi juga akan terus berlanjut di sejumlah bantaran sungai di wilayah Kota Bandung lainnya, seperti di Kecamatan Ujungberung, Gedebage, Cibiru, dan lainnya, termasuk wilayah Kawasan Bandung Utara.

"Hal ini juga merupakan upaya kami mengedukasi masyarakat akan pentingnya mencintai dan menjaga lingkungan, karena dengan kita mencintai dan menjaga lingkungan, maka lingkungan pun akan menjaga juga mencintai kita. Apalagi tidak dapat dipungkiri rusaknya fungsi ekosistem alam saat ini disebabkan oleh perbuatan dari sebagai manusia," ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Bandung tersebut.

2.500 Jenis Pohon Buah Ditanam di Bekas Lokasi Bencana Sukaresmi, Lahan Kritis DAS Citarum Cianjur

Ia menambahkan, selain aksi penanaman pohon, dalam upaya pencegahan dan penanganan masalah banjir di wilayah Bandung Raya, pihaknya telah membentuk satgas dan relawan yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan, yang selama ini telah melakukan berbagai misi kemanusiaan tetapi juga pelestarian alam dan lingkungan.

Oleh karena itu, sebagai bentuk rasa syukur PDIP Perjuangan terhadap Tuhan atas anugerahan pemberian alam yang indah serta pemenuhan kebutuhan kehidupan selama ini, maka aksi ini diharapkan dapat diimplementasikan oleh seluruh masyarakat, bukan hanya warga di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, tetapi juga seluruh wilayah di Indonesia.

"Khusus di Kota Bandung, gerakan ini juga merupakan upaya membantu pemerintah untuk melaksanakan kewajiban penyedian ruang terbuka hijau publik sebesar 20 persen, yang selama ini keberadaanya masih belum dapat terpenuhi jika dibandingkan dengan dengan besaran luas wilayah di Kota Bandung, karena masifnya pengalihfungsian ruang terbuka hijau oleh betonisasi serta pengawasannya yang tidak optimal dilakukan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved