Bisnis Lobster Air Tawar

Bisnis Lobster Air Tawar Menjanjikan, Komarudin Rela Berhenti Bekerja

YAYAT Ruchyat (55) tak segan mendalami budi daya lobster air tawar. Warga Jalan Sekar Gambir I, ini tahu betul, bisnis lobster air tawar menjanjikan.

Bisnis Lobster Air Tawar Menjanjikan, Komarudin Rela Berhenti Bekerja
Tribun Jabar/Januar P Hamel
Komarudin, Penangkar Lobster 

YAYAT Ruchyat (55) tak segan mendalami budi daya lobster air tawar. Warga Jalan Sekar Gambir I, ini tahu betul, bisnis lobster air tawar menjanjikan. Dia pun terus menekuninya hingga akhirnya benar-benar yakin bidang ini bisa menghasilkan.

Hal sama juga dilakukan Komarudin. Dia bahkan berhenti dari pekerjannya di sebuah restoran di kawasan Sadang, Kota Bandung, demi bisnis lobster. Nasibnya kini disandarkan pada usahanya menangkar lobster air tawar.

"Kalau buat hidup mah cukup," kata Komarudin ditemui di tempat pembudi dayaan lobster di Gang Pusri, Jalan Soekarno Hatta, Kamis (30/1/2020).

Menurut Yayat menangkar lobster air tawar itu mudah, biayanya juga tidak mahal. Asal ada lahan memadai dan sumber air yang cukup, budi daya bisa berjalan.

"Seperti ikan mujair, sakali tanam, lobster bisa terus berkembang biak," kata Yayat di kediamannya Jalan Sekar Gambir I, Selasa (28/1/2020).

Komarudin sependapat, memelihara lobster air tawar itu tidak terlalu sulit. Bahkan, katanya, untuk pakannya pun sangat murah. Lobster air tawar itu makan apapun. Termasuk bangkai lobster.

"Mereka kanibal juga, makan jenisnya sendiri. Kami biasa memberikan cacing, keong, dan sayuran," kata Komarudin.

Penangkar lobster air tawar lainnya, R Devi Risandi SH, mengaku memutuskan berhenti bekerja dari perusahaan swasta di Kota Bandung untuk menekuni bidang ini.

Komarudin, Pembudi daya Lobster
Komarudin, Pembudi daya Lobster (Tribun Jabar/Januar P Hamel)

Devi mengaku sudah setahun lalu memiliki minat untuk beralih profesi dari pekerja menjadi pembudi daya lobster. Namun, katanya, baru tujuh bulan terakhir ini dia baru merealisasikannya.

Halaman
12
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved