Berkendara Sambil Main Ponsel Bakal Ditilang, Para Driver Ojek Online Bingung, Polisi Menjawab

Sistem ETLE, "Kan kami ojol nih, Bu, maaf nih ya, terus kalau kami lihat Google Maps atau peta di aplikasi bagaimana? Langsung terekam terus ditilang?

Berkendara Sambil Main Ponsel Bakal Ditilang, Para Driver Ojek Online Bingung, Polisi Menjawab
DOKUMENTASI POS KUPANG
Ilustrasi. Polda Jabar segera berlakukan sistem online manajemen tilang. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) diberlakukan.

Pasal yang masih membingungkan pengendara ojek online (ojol) adalah sistem ETLE akan merekam pengendara yang memainkan ponsel.

Salah satu pengendara ojol merasa bingung karena, menurut dia, banyak pengendara yang akan ditindak akibat melihat peta melalui ponsel.

Hal ini Ia tanyakan kepada petugas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya yang tengah memberi tahu tentang pelanggaran ETLE di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat.

Ibu Driver Ojek Online Korban Pelemparan Susu 2 Hari Enggak Narik, Pihak Kop/yor Janji Ganti Rugi

"Kan kami ojol nih, Bu, maaf nih ya, terus kalau kami lihat Google Maps atau peta di aplikasi bagaimana? Langsung terekam terus ditilang?" tanya pengemudi Vario putih tersebut, Senin (3/2/2020).

Petugas yang berada di lokasi lalu menjawab bahwa pengemudi yang terlalu terpaku dan kelihatan memegang ponsel, maka akan terekam ETLE.

"Nah, kalau memang kelihatan megang terus memainkan memang akan terekam, kemudian dianggap melanggar," ucap petugas.

Pengemudi lainnya juga menanyakan hal yang sama seandainya sedang berada di lampu merah, lalu pengendara ojol memainkan ponsel karena ada pesanan yang masuk.

"Kalau pas ada pesanan terus kami lihat ke ponsel itu bagaimana?" tanya pengemudi ojol lainnya.

"Sebenarnya dengan mengetahui ada tilang ETLE seperti ini agar membuat pengemudi tidak bermain ponsel untuk meminimalisir kecelakaan. Jadi kalau sedang berkendara, sebaiknya ada pesanan berhenti dulu di tepi jalan, Pak," tutur petugas.

Diketahui, penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).

Sistem tilang elektronik ini merupakan tambahan dari penerapan sebelumnya yang hanya untuk kendaraan roda empat atau lainnya.

VIDEO-10 Kendaraan ODOL Terjaring Razia dan Kena Tilang di Rest Area KM 208 Tol Palikanci Cirebon

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, ada empat jenis pelanggaran yang bakal tertangkap kamera ETLE. Empat jenis pelanggarannya yakni penggunaan ponsel, penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan.

"Mereka (pengendara motor) yang menyetir sambil menelepon atau mengetik di layar ponsel kena (tilang ETLE)," kata Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Main Ponsel di Jalan Bisa Ditilang, Driver Ojol: Kalau Mau Lihat Google Maps Bagaimana?", https://megapolitan.kompas.com/read/2020/02/03/09541781/main-ponsel-di-jalan-bisa-ditilang-driver-ojol-kalau-mau-lihat-google?page=all#page3.
Penulis : Ryana Aryadita Umasugi

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved