Diklatsar PAMOR FPOK UPI Bandung

37 Peserta Diklatsar Angkatan 34 Resmi Dilantik Jadi Anggota Muda PAMOR

Sebanyak 37 peserta pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) PAMOR FPOK UPI Angkatan 34 dilantik menjadi Anggota Muda PAMOR, Sabtu (1/2/2020).

37 Peserta Diklatsar Angkatan 34 Resmi Dilantik Jadi Anggota Muda PAMOR
istimewa
Anggota Muda PAMOR Angkatan 34 seusai dilantik di Sporthall FPOK UPI Kampus Padasuka, Sabtu (1/2) malam. 

BANDUNG, TRIBUN - Sebanyak 37 peserta pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) PAMOR FPOK UPI Angkatan 34 dilantik menjadi Anggota Muda PAMOR, Sabtu (1/2/2020), pukul 19.30, bertempat di Sporthall Kampus FPOK UPI Padasuka, Bandung.

Acara pelantikan ini sekaligus sebagai penutupan rangkaian Diklatsar PAMOR Angkatan 34 yang sudah digelar selama sembilan hari sejak tanggal 24 Januari-1 Februari.

Ketua Dewan Pengurus Pamor XXXI, Deni Candra Wijaya, mengatakan, dari sejak awal diklatsar sampai pelantikan, semua peserta dalam kondisi sehat. "Alhamdulillah semua peserta bisa mengikuti kegiatan Medan Operasi (MO) dengan lancar dan bisa pulang kembali dengan selamat," kata dia di sela-sela pelantikan anggota muda.

Suasana penutupan Diklatsar PAMOR dan pelantikan Anggota Muda PAMOR Angkatan 34 di Sporthall FPOK UPI Kampus Padasuka, Sabtu (1/2) malam.
Suasana penutupan Diklatsar PAMOR dan pelantikan Anggota Muda PAMOR Angkatan 34 di Sporthall FPOK UPI Kampus Padasuka, Sabtu (1/2) malam. (istimewa)

Diklatsar diawali dengan perjalanan dari kampus UPI Bumi Siliwangi menuju kawasan Gunung Batu Lembang. Kemudian peserta dipandu panitia bergerak menuju kawasan Pasir Angling, dilanjut ke kawasan Gunung Sanggara. Kegiatan kemudian berlanjut di daerah rawa Bukitunggul, selanjutnya menuju Batu Lonceng. Peserta kemudian bergerak ke kawasan Caringin Tilu dan akhirnya finish di kampus FPOK UPI Padasuka.

"Di lapangan para peserta mengaplikasikan materi yg sudah didapat ketika pra pendidikan dan latihan dasar. Di antaranya materi manajemen perjalanan, longmarch, rappling, navigasi, pioneering, SAR ESAR, PPGD, penyeberangan basah, dan materi survival," ujar Deni.

Secara umum kondisi peserta ketika di lapangan cukup baik, kata dia, hanya ada beberapa peserta yang mengalami lecet kaki. Tantangan terbesar ketika di lapangan, lanjut Deni, yaitu hampir setiap hari turun hujan, sehingga para peserta sering kali kedinginan. Namun semua kendala bisa teratasi dengan baik, karena sudah dibekali materi manajemen perjalanan.

Deni dan pengurus PAMOR berharap ilmu yang didapat para anggota muda ketika di lapangan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi bekal untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Anggota PAMOR dan Anggota Muda Angkatan 34 berfoto bersama seusai dilantik di Sporthall FPOK UPI Kampus Padasuka, Sabtu (1/2) malam.
Anggota PAMOR dan Anggota Muda Angkatan 34 berfoto bersama seusai dilantik di Sporthall FPOK UPI Kampus Padasuka, Sabtu (1/2) malam. (istimewa)

Dosen pembina PAMOR, Yogi Akin, yang bertindak sebagai inspektur upacara pada penutupan dan pelantikan Anggota Muda PAMOR, mengaku bangga karena semua peserta bisa menyelesaikan rangkaian kegiatan diklatsar dengan baik.

Bahkan mayoritas anggota PAMOR menetesekan air mata karena terharu dengan keberhasilan diklatsar dan juga kegigihan semua anggota muda dalam melahap setiap materi meski di bawah guyuran hujan tiap hari. Apalagi Diklatsar PAMOR Angkatan 34 ini memecahkan rekor dengan jumlah peserta terbanyak yaitu 37 orang.

“Semoga angkatan 34 ini bisa mengharumkan nama baik organisasi, bisa berkontribusi untuk organisasi, dan kampus tercinta. Anggota muda harus memiliki prilaku yang unggul, jiwa ksatria, dan loyal terhadap organisasi,” kata dia.(*)

https://www.facebook.com/oktora.oo/videos/10219523460544391/
Editor: Oktora Veriawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved