Lewat Usaha Kursi Ecobrick, Para Lansia di Indramayu Kampanyekan Manfaatkan Sampah

Para lansia di Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, membuat kerajian kreatif berupa kursi ecobrick.

Lewat Usaha Kursi Ecobrick, Para Lansia di Indramayu Kampanyekan Manfaatkan Sampah
Tribun Cirebon/Handhika Rahman
Para lansia saat membuat kursi ecobrick di rumah produksi D'ecobrick di Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Kamis (30/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU- Para lansia di Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, membuat kerajian kreatif berupa kursi ecobrick.

Para lansia yang tergabung dalam penerima manfaat program Rumah Zakat itu membentuk sebuah rumah kreatif D'ecobrick di desa setempat.

Seorang relawan Rumah Zakat, Lastri Mulyani mengatakan, usaha kreatif ini sengaja dibentuk untuk memberdayakan para lansia sekaligus sebagai upaya dalam menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

"Alhamdulillah sekarang warga Desa Tegalurung kesadaran lingkungannya sudah mulai timbul berkat adanya usaha ini," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di rumah produksi D'ecobrick di Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Kamis (30/1/2020).

Ia menjelaskan, warga setempat banyak yang menyumbang sampah guna dimanfaatkan oleh para lansia.

Para lansia saat membuat kursi ecobrick di rumah produksi D'ecobrick di Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Kamis (30/1/2020).
Para lansia saat membuat kursi ecobrick di rumah produksi D'ecobrick di Desa Tegalurung, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Kamis (30/1/2020). (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Nenek Arpah, Lansia Buta Huruf di Depok yang Ditipu Tetangganya Saat Jual Beli Tanah

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Lansia

Padahal, sebelumnya mereka kerap kali membuang sampah-sampah itu, tidak sedikit pula masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan.

Dirinya berharap, usaha kreatif yang baru dirintis sejak 4 bulan lalu ini bisa terus berkontribusi dalam memberdayakan para lansia sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.

Adapun, hasil dari usaha kreatif kursi ecobrick ini akan dibagi menjadi beberapa keperluan.

Sebagian persen akan digunakan untuk kegiatan sosial dan sebagian lagi akan digunakan untuk pengembangan usaha termasuk pendapatan para lansia.

"Kursi ecobrick diharapkan bisa membantu para lansia dari segi ekonomi dan juga memiliki nilai lebih untuk mengurangi dampak sampah pada lingkungan," ucapnya.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved