Jokowi Resmikan Proyek di Bandung

Resmikan Terowongan Nanjung di Bandung, Jokowi Sebut Penanganan Banjir Sudah di Jalur yang Tepat

Terowongan Nanjung Curug Jompong, di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, kini telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau

Resmikan Terowongan Nanjung di Bandung, Jokowi Sebut Penanganan Banjir Sudah di Jalur yang Tepat
Tribun Jabar/Daniel Andreand Damanik
Presiden Jokowi mengunjungi Terowongan Nanjung, Kabupaten Bandung, didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Rabu (29/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Terowongan Nanjung Curug Jompong, di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, kini telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, Rabu (29/1/2020).

Menurut Jokowi, pembangunan Terowongan Nanjung merupakan upaya pemerintah dalam rangka mengatasi banjir genangan yang ada di Kabupaten Bandung dan di bawahnya.

"Jadi program besarnya kita, baru menyelesaikan yang di hulu," ujar Jokowi, saat meninjau dan hendak meresmikan Terowongan Nanjung.

Presiden Jokowi Resmikan Terowongan Nanjung, ke Lokasi Satu Mobil Bareng Ridwan Kamil

Menurut Jokowi, penanganan banjir di area hulu (Sungai Citarum) belum selesai semua.

Sehingga penanganan banjir baru bisa dibahas jika Terowongan Nanjung, Kolam Retensi Cieunteung, Gedebage, Andir, dan Sondetan Cisangkuy, sudah selesai.

"Dari 490 hektare sekarang yang tergenang hanya 80 hektare. Memang masih (ada yang tergenang,) karena memang masih proses, kolam retensinya, sondetannya, tahun ini kami akan selesaikan.

Diharapkan dengan selesainya itu, hulunya (Sungai Citarum) bisa diselesaikan kemudian kita akan masuk ke hilirnya yang paling bawah," kata dia.

Adapun proyek pengendali banjir akibat luapan sungai Citarum yang sudah selesai, yakni Kolam Retensi Cieunteung dan Terowongan Nanjung.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Bupati Bandung Dadang Naser, kata Jokowi, Terowongan Nanjung sangat efektif dalam penanganan banjir.

Halaman
12
Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved