Museum Geologi Punya Ruang Pameran Baru, Jadi Spot Foto yang Istagramable

Museum Geologi kini punya ruang pameran baru. Jadi spot foto yang istagramable.

Penulis: Cipta Permana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Cipta Permana
Layar besar yang menampilkan fase perubahan bumi, menjadi salah satu spot swafoto dari pengunjung ruang pameran Sejarah Kehidupan yang dibuka oleh Museum Geologi di Jalan Dipenogoro, Kota Bandung, Rabu (29/1/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Setelah melalui serangkaian renovasi selama enam bulan, Museum Geologi membuka ruang pameran baru bernama Sejarah Kehidupan, Rabu (29/1/2020).

Sejarah Kehidupan merupakan ruang pamer yang berisikan beragam informasi mengenai kehidupan masa lampau dengan beragam koleksi fosil makhluk hidup purbakala dari berbagai masa.

Informasi tersebut dikemas dalam bentuk teknologi digitalisasi yang atraktif dengan kualitas audio visual dengan kualitas stereo yang menggelar. Hal ini semakin memanjakan bagi para pengunjung museum.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar di lokasi, perubahan yang paling mencolok dari koridor ruang pamer tersebut yaitu, terdapatnya layar display berupa tablet sentuh.

Layar ini menampilkan beragam informasi dengan nuansa modern dan futuristik dari setiap koleksi beragam fosil yang terpajang dalam etalase lemari kaca.

Replika kerangka Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang selama ini telah menjadi ikon melekat dari Museum Geologi, kini pun dilengkapi dengan display informasi mengenai sejarah, ukuran bentuk, dan kemampuan dari salah satu karnivora terkuat di zamannya.

Selain itu, tepat di sebelah kanan pintu masuk, pengunjung akan disambut oleh layar besar berbentuk cekung yang menampilkan animasi dari kisah fase perubahan kehidupan bumi, mulai dari era dinosaurus, manusia purba, hingga musnahnya seluruh makhluk hidup di zaman purbakala.

Salah seorang pengunjung, Wawan Hendrawan (47), yang hadir bersama putri sulungnya mengaku, sangat terkesan dengan perubahan yang ditampilkan oleh Museum Geologi.

Menurutnya, sebelum adanya perubahan, pengunjung hanya dapat melihat dan membaca deskripsi dari beragam koleksi melalui papan informasi yang disediakan.

"Tentunya senang, ya, dengan adanya perubahan ini, selain anak-anak saya pun merasa betah berlama-lama di sini, apalagi, setiap informasi disuguhkan membuat seolah-olah kita merasakan langsung kehadiran dari berbagai hewan purbakala yang ada di sini," ujarnya saat ditemui di sela acara soft launching peresmian ruang pamer Sejarah Kehidupan di Museum Geologi, Rabu (29/1/2020).

Pengunjung lainnya, Dewita Syahlani (16), siswi salah satu SMA di Purwakarta mengatakan, dengan tampilan saat ini, selain membuat museum menjadi lebih menarik, tapi juga mewujudkan hadirnya sarana rekreasi baru di Kota Bandung.

"Jadi enggak lagi kesannya jadul atau seram kalau main ke museum, tapi justru menjadi lokasi instagramable baru di Kota Bandung, yang jelas tambah seru aja dan kayaknya bakal lebih sering ke sini bareng teman-teman yang lain," ucapnya.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Rudy Suhendar mengatakan, revitalisasi ini merupakan tahap awal dari serangkaian revitalisasi yang akan dilakukan tahun ini.

Fokusnya pembenahan fasilitas kenyamanan dan kesan penyegaran tata penyajian hingga teknik penyampaian informasi yang atraktif dan modern bagi para pengunjung.

"Nanti akan ada revitalisasi tahap lanjut, fokusnya pada peningkatan kenyamanan pengunjung. Museum Geologi juga akan dibuat ramah disabilitas," ujarnya.

Rudy menambahkan, dengan dilakukannya revitalisasi, selain merubah tampilan tapi juga akan perbaikan penataan dan penambahan koleksi yang semakin menambah pemahaman masyarakat dan mengembangkan Museum Geologi Bandung sebagai museum bertaraf internasional.

"Museum Geologi akan terus berupaya semakin baik menjalankan tugas dan fungsinya dalam melakukan pengkajian, pendidikan, dan kesenangan sesuai amanat perundang-undangan," katanya.

DAS Curug Jompong Akan Dipercantik untuk Tempat Wisata

Tak Hanya Pantai, Indramayu Ternyata Punya Tempat Wisata Pegunungan, Asri Masih Perawan

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved