Bupati Purwakarta Perintahkan Sekda Tutup Galian Ilegal, Tanah Berceceran, Bahayakan Pengguna Jalan

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dengan tegas menginstruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menutup galian tanah ilegal

Bupati Purwakarta Perintahkan Sekda Tutup Galian Ilegal, Tanah Berceceran, Bahayakan Pengguna Jalan
istimewa
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dengan tegas menginstruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menutup galian tanah ilegal yang meresahkan warga sekitar karena banyaknya ceceran tanah di jalan raya sehingga membahayakan pengguna jalan.

Menurut Anne, pihaknya telah mendapatlan surat dari Provinsi Jawa Barat untuk menutup galian tanah ilegal itu karena tak memiliki izin.

"Ditambah ada keluhan-keluhan warga terutama ibu-ibu yang sangat khawatir anak-anaknya saat berangkat sekolah karena membahayakan," ujar Anne di Purwakarta, Selasa (29/1/2020).

Viral Ojek Online Dilempar Susu Kemasan dan Dipukul oleh Pegawai Kedai Kopi, Ini Awal Mulanya

Pihak galian tanah, lanjut Anne, bersikukuh bahwa galian yang mereka lakukan itu legal.

Namun, tetap saja Pemkab Purwakarta perlu melakukan kroscek sekaligus menutup karena mendapat instruksi dari provinsi yang menyatakan galian tanah tersebut ilegal.

"Mereka sebut legal dasarnya dari apa? Jadi, galian c ini bukan dari kami," katanya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah ibu-ibu melakukan aksi di Jalan Sukatani mengusir mobil-mobil truk pengangkut galian tanah.

Seorang warga sekitar yang enggan disebutkan namanya mengaku rumahnya selalu penuh dengan debu atau bahkan saat musim hujan tanah-tanah yang berceceran di jalan sampai mengotori rumahnya tersebut.

"Tak ada koordinasi pada warga sama sekali soal galian tanah ini. Lagipula gak ada uang kekebul apalagi rumah ibu dan adik ibu yang paling parah terkena dampaknya oleh tanah merah," katanya seraya menyebut kasus ini sudah berjalan selama sebulan di wilayahnya RW 4, Sukatani.

Pelat Nomor untuk Kendaraan Listrik Resmi Diperkenalkan, Ada Tambahan Warna Biru

Halaman
12
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved