Harga Telur di Ciamis Merosot meski Produksi Telur Sedang Turun, Harga Ayam BR Naik

Dalam seminggu ini harga telur ayam ras di tingkat peternak di Ciamis bertahan di angka Rp 18.000/kg, turun dari harga sebelumnya yakni Rp 21.000/kg.

Harga Telur di Ciamis Merosot meski Produksi Telur Sedang Turun, Harga Ayam BR Naik
Tribun Jabar/Andri M Dani
Harga telur turun di tingkat peternak di Ciamis. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Dalam seminggu ini harga telur ayam ras di tingkat peternak di Ciamis bertahan di angka Rp 18.000/kg, turun dari harga sebelumnya yakni Rp 21.000/kg.

Turunnya harga telur di tingkat peternak juga berdampak pada harga di pasar dan warung eceran.

Harga normal untuk telur di pasar eceran di kisaran Rp 22.000/kg dan di warung eceran rata-rata sekitar Rp 24.000/kg.

“Pada pekan pertama Januari harga telur masih Rp 21.000/kg lalu berangsur turun. Sudah seminggu ini harga telur di tingkat peternak di Ciamis di angka Rp 18.000/kg,” ujar Sekjen Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (P2AP), Kuswara Suwarman, kepada Tribun Selasa (28/1/2020).

Menurut Kuswara Suwarman, turunnya harga telur ayam ras ini di antaranya karena terjadi over suplay.

“Diduga telur-telur parents stock masuk ke pasar eceran. Telur-telur hasil cutting hatching egg (dampak kebijakan pembatasan populasi DOC) katanya dipasarkan. Stok telur di pasar melimpah, harga pun jatuh,” katanya.

Setelah Harga Ayam, Kini Harga Telur Pun Anjlok, Peternak di Ciamis Rugi

Mengandung Kolesterol Tinggi, Telur Puyuh Ternyata Punya Segudang Manfaat, Apa Saja?

Padahal setiap musim hujan biasanya terjadi penurunan produksi telur ayam ras karena cuaca dingin. Suhu dingin, banyak hujan dan angin, biasanya membuat produksi telur tidak optimal (menurun) sedangkan penggunaan pakan meningkat.

Pada suhu banyak hujan dan angin, ayam petelur lebih banyak makan sedangkan produksi telur berkurang tetapi kenyataannya di pasar saat ini terjadi over suplay telur.

“Itu diduga karena telur dari parent stock (induk ayam penghasil telur untuk DOC) masuk pasar karena adanya kebijakan pembatasan jumlah DOC (day old chick) yang beredar,” ujar Kuswara Suwarman yang juga pengelola peternakan Tanjung Mulya Grup Panumbangan Ciamis ini.

Di saat harga telur ayam ras turun, harga ayam ras pedaging jenis broiler (BR) di tingkat peternak di Ciamis dalam dua minggu terakhir terus bergerak naik, terus menguat.

Harga ayam BR di tingkat peternak di Ciamis Selasa (21/1) lalu masih di kisaran Rp 14.000 - 14.500/kg, kemudian Jumat  (24/1) sudah naik jadi Rp 16.000 sampai Rp 16.500/kg.

Selama dua hari terakhir sejak Senin (27/1) kemarin harga ayam BR di kandang peternak di Ciamis sudah menembus angka Rp 17.000/kg.

“Memang terus naik dalam seminggu terakhir. Kemarin sudah Rp 17.000/kg. Tapi masih dibawah biaya pokok produksi (BPP),” katanya.

Biaya pokok produksi (BPP/BEP) ayam ras BR di kisaran Rp 18.500 sampai Rp 19.000/kg sedangkan ayam BR dari kandang close house BPP-nya lebih rendah.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved