Eliminasi TBC 2030, Presiden Jokowi dan Kepala Daerah se-Indonesia akan ke Cimahi Besok

Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bersama seluruh Gubernur dan Bupati serta Wali Kota se-Indonesia

Eliminasi TBC 2030, Presiden Jokowi dan Kepala Daerah se-Indonesia akan ke Cimahi Besok
Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari
Alun-Alun Cimahi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo bersama seluruh Gubernur dan Bupati serta Wali Kota se-Indonesia akan berkunjung ke Kota Cimahi pada Rabu (29/1/2020).

Tujuan kunjungan itu untuk pencanangan eliminasi TBC 2030 dari Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh dr Zakaria Ansyori selaku Ketua Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kota Cimahi serta turut hadir juga Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan.

"Indonesia merupakan negara urutan ketiga di dunia pada kasus bakteri TBC, setelah China dan India. Alasan pelaksanaan di Kota Cimahi karena komunikasi yang baik dengan mitra-mitra yang peduli terhadap pemberantasan TBC," kata dr Zakaria Ansyori, Senin (27/1/2020).

Dr Zakaria mengatakan PPTI saat ini fokus membina kader Pengawas Makan Obat (PMO). Alasannya, jika pengidap TBC lupa mengkonsumsi obat sekali saja, maka harus diulang dari awal dan bisa mengakibatkan bakteri TBC kebal terhadap obat. Proses penyembuhan TBC normalnya selama enam bulan.

King of the King dari Tangerang Ini Mengaku Punya Kekayaan Rp 60 Ribu Triliun, Sebut-sebut Prabowo

Selain itu, kunjungan Presiden Jokowi ke Cimahi juga untuk penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH).

Plt. Kadinsosp2kbp3a Cimahi dr Fitriani Manan mengatakan di Cimahi akan ada 1.200 orang yang menerima PKH.

Sekda Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengatakan se-Bandung Raya akan ada 2.500 keluarga yang menerima PKH. Rinciannya 1.200 dari Cimahi, 300 dari Kota Bandung, 500 dari Kabupaten Bandung Barat dan 500 dari Kabupaten Bandung.

"Pada kunjungan besok, Pak Presiden meminta agar seluruh pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Puskesmas, sekolah, Kecamatan, Kelurahan, harus berjalan normal. Kantor Kecamatan Cimahi Selatan dan Puskesmas Baros itu ada di Ring 1, tapi sesuai arahan Presiden, agar tetap buka normal," kata Dikdik di Kantor Pemerintahan Kota Cimahi.

Mendesak Harus ke China tapi Takut Wabah Virus Corona? Perhatikan Imbauan Ini, Penting!

Terkait kondisi lalu lintas di Kota Cimahi saat kunjungan Presiden, pihak Pemkot Cimahi masih akan berkoordinasi dengan jajaran kepolisian pada hari ini, Selasa (28/1/2020). Sementara itu, untuk tempat parkir, Dikdik menjelaskan akan memanfaatkan lahan milik TNI.

Jika terjadi kemacetan pada esok hari Rabu (29/1/2020), Pemerintah Kota Cimahi meminta maaf kepada masyarakat dan pengendara. Kedatangan Presiden ke Cimahi dinilainya sebagai apresiasi Presiden untuk Kota Cimahi.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved