RSU Ciamis Siaga Hadapi Virus Corona, Sudah Siapkan Ruangan Isolasi

RSU Ciamis mempersiapkan ruang khusus risiko tinggi (ruang isolasi) dan tim khusus untuk mengantisipasi

RSU Ciamis Siaga Hadapi Virus Corona, Sudah Siapkan Ruangan Isolasi
tribunjabar/andri m dani
RSU Ciamis mempersiapkan ruang isolasi atau ruang risiko tinggi guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya penularan virus corona di Ciamis 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMISRSU Ciamis mempersiapkan ruang khusus risiko tinggi (ruang isolasi) dan tim  khusus untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya kasus virus corona di Ciamis.

“Kesiapsiagaan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kemenkes untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona,” ujar Direktur RSU Ciamis dr H Riojadi Sofiyan MM kepada Tribun, Senin (27/1/2020).

Ruang isolasi tersebut berada di lantai 1 Gedung IGD RSU Ciamis yang dipersiapkan untuk kasus-kasus risiko tinggi.

Pernah disiagakan ketika ramainya isu flu burung (AI) maupun SARS. Tahun 2019 lalu digunakan sempat untuk  penanganan kasus difteri.

Sebagai ruang khusus isolasi, kata dr Rijali, tentu ini dilengkapi peralatan khusus. Baik yang ada di dalam ruangan maupun yang digunakan petugas.

Ramalan Zodiak Hari Ini, Senin 27 Januari 2020, Gemini Luangkan Waktu, Cancer Mendedikasikan Diri

Seperti baju, penutup kepala, masker khusus. Dalam ruang isolasi tersebut terdapat peralatan hepa filter untuk menyedot virus dari udara ruangan. Disiapkan dua bed untuk pasien.

“Mulai hari ini ruang risiko tinggi disiagakan untuk ruang isolasi guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kasus infeksi corona di Ciamis. Termasuk menyiagakan petugas dan peralatan. Ini bentuk kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” ujar dr H Rijali.

Ruang isolasi tersebut katanya disiapkan untuk menangani pasien yang mengalami gejala atau suspect corona sebelum dirujuk ke rumah sakit dengan tingkatan lebih tinggi.  

Jauh Sebelum Virus Corona, Ada Wabah Mengerikan Black Death, Sampai Kurangi 60 Persen Populasi Eropa

Rijali mengatakan, bagi warga Ciamis yang mengalami demam panas dengan suhu di atas 38 derajat Celsius dan disertai batuk serta sulit bernapas, apalagi punya riwayat pernah berkunjung atau menjalani perjalanan ke Cina selama dua pek-an terakhir, harus segera berobat ke dokter terdekat, klinik, puskesmas, atau rumah sakit.

“Bila ada tanda-tanda yang mencurigakan mendekati gejala terpapar virus corona atau suspect, pasien  masuk dulu ke ruang isolasi sebelum  dirujuk ke rumah sakit dengan tingkatan lebih tinggi. Di antaranya ke RSHS,” katanya.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved