Kesaksian Waras Wasisto, ''Pak Iwa Bilang Rp 1 Miliar Mah Murah''

Anggota DPRD Jabar Waras Wasisto mengaku hanya memfasilitasi pertemuan antara Sekda Jabar nonaktif

Tribunjabar/Mega Nugraha
?Sidang lanjutan perkara dugaan penerimaan suap Rp 900 juta dengan terdakwa Sekda Pemprov Jabar nonaktif, Iwa Karniwa di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (27/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Anggota DPRD Jabar Waras Wasisto mengaku hanya memfasilitasi pertemuan antara Sekda Jabar nonaktif Iwa Karniwa dengan Henry Lincoln dan Neneng Rahmi Nurlaily dari Dinas PUPR Pemkab Bekasi.

Belakangan diketahui Henry Lincoln dan Neneng Rahmi Nurlaily memberikan uang Rp 900 juta kepada Iwa untuk mempercepat keluarnya surat persetujuan substantif Raperda RDTR oleh Pemprov Jabar.

"Saya hanya memfasilitasi pertemuan. Saya enggak kenal dengan Henry dan Neneng, tapi anggota DPRD Bekasi, Soleman memaksa saya untuk menghubungi Pak Iwa karena Henry dan Neneng meminta bertemu," ujar Waras di sidang kasus tersebut di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (27/1/2020).

Semula, kata Waras, ia tidak tahu menahu apa yang akan disampaikan Henry dan Neneng pada Iwa.

"Belakangan mereka bilang mau meminta bantuan terkait Raperda RDTR. Bahkan waktu itu saya telpon Pak Iwa di-loud speaker di depan Henri, Neneng dan Soleman. Saya sendiri tidak ada urusannya dengan raperda itu. Saya hanya membantu, nothing to lose," kata Waras.

Mau Kerja di Ancol Jakarta? PT Pembangunan Jaya Ancol Buka Lowongan Kerja, Cek Pendaftaran di Sini

Karena sebatas ingin membantu, kata Waras, mereka akhirnya bertemu di KM 72 Tol Purbaleunyi saat Iwa pulang dari Jakarta. Pada pertemuan itu, hadir Neneng, Henry, Soleman, Waras dan Iwa.

"Mereka lalu menyampaikan permintaannya agar Pak Iwa bisa membantu memproses percepatan persetujuan substansi dari Gubernur Jawa Barat atas Raperda RDTR Kabupaten Bekasi," kata Waras.

Pada pertemuan itu, kata Waras, Henry dan Neneng lebih banyak bicara dengan Iwa soal raperda itu. Hingga akhirnya, pertemuan berakhir dan Iwa menyampaikan sesuatu pada Waras.

"Pak Iwa bilang minta bantuan banner Rp 1 miliar. Dia bilang Rp 1 miliar mah murah, karena biasanya Rp 3 miliar. Dia sampaikan itu ke saya dan meminta saya menyampaikan kembali ke Henri, Neneng dan Soleman. Ya sudah saya sampaikan apa adanya ke mereka," katanya.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved