VIDEO Warga Geger Tiba-tiba Muncul Ular di Saluran Air, Saat Kegiatan Edukasi dari Komunitas Reptil

Sejumlah orang dari relawan dan komunitas reptil menggelar atraksi ular di sebuah lapangan di Jalan Nagrog, RT.01/08, Kelurahan Pasirjati, Kota Bandun

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ery Chandra

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah orang dari relawan dan komunitas reptil menggelar atraksi ular di sebuah lapangan di Jalan Nagrog, RT.01/08, Kelurahan Pasirjati, Kota Bandung, Minggu (26/1/2020).

Ratusan orang pun tampak menonton atraksi tersebut.

Sebelumnya, di lokasi itu, seorang anak kecil digigit ular berbisa hingga meninggal dunia.

Selain warga, kegiatan itu dihadiri oleh Komunitas Ular Indonesia, Komunitas Walagri, Reptil Keeper Bandung Timur (RKBT), Reptil Bandung Timur Community (BTC), dan Komunitas Sepeda Motor Sambat Indonesia.

Bukan Ular Kobra atau Ular Weling, Ini Ular Berbisa yang Paling Mematikan di Dunia

Pembicara dari Komunitas Ular Indonesia, Budi Irawan, berpesan kepada warga yang hadir, untuk tidak mendekati, menyentuh, dan membunuh ular.

"Karena sesuatu hal yang beresiko. Aman kalau itu dilakukan," ujar Budi, di sela kegiatan, Jalan Nagrog, RT.01/08, Kelurahan Pasirjati, Kota Bandung, Minggu (26/1/2020).

Jika menemukan ular, katanya, bisa segera menghubungi komunitas reptil terdekat atau pemadam kebakaran.

Beberapa relawan juga memperlihatkan ular yang tidak takut terhadap garam yang ditaburkan.

"Mitos ular takut garam, ternyata bisa dilewati dan ular enggak takut garam. Mitos sudah terbukti, makanya enggak berpengaruh kena garam," katanya.

Di sela kegiatan, dua orang warga sempat menanyakan bagaimana melihat ciri-ciri ular yang berbisa dan pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika melihat orang tergigit ular.

"Ular yang berbisa sangat tenang. Kalau ada beringas enggak berbisa. Ular berbisa ada taring di depan dan belakang," ujarnya.

Mengenal Ular Taipan, Ular Berbisa No 1 di Dunia, Kalahkan Kobra, Panji Petualang Pernah Melihatnya

Warga Geger Tiba-tiba Muncul Ular di Saluran Air, Saat Kegiatan Edukasi dari Komunitas Reptil

Disela kegiatan edukasi tentang ular, ratusan warga yang hadir digegerkan dengan kemunculan tiba-tiba seekor ular di saluran air.

Dari pantauan Tribun Jabar, beberapa warga berteriak saat melihat ular tersebut melata. 

Beberapa orang dari Komunitas Reptil yang tengah memberi informasi dan pengetahuan dasar soal ular, langsung turun ke saluran air. Mereka mencoba menangkap tetapi lepas.

"Enggak apa-apa cuma ular air. Tuh, ularnya kesana (terowongan)," ujar seorang warga, di Jalan Nagrog, RT.01 RW.08, Babakan Teureup, Nagrog, Kelurahan Pasirjati, Kota Bandung, Minggu (26/1/2020).

Perwakilan komunitas yang mencoba menangkap, Putra Jaya Giri (35) mengatakan ular tersebut berjenis Triangle (Segitiga merah).

"Ular air ini enggak berbisa. Itu aktif melatanya. Mau ditangkap, tapi lepas," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Hibur Warga Sekaligus Edukasi, Komunitas Ini Gelar Atraksi Ular Pasirjati Bandung, https://jabar.tribunnews.com/2020/01/26/hibur-warga-sekaligus-edukasi-komunitas-ini-gelar-atraksi-ular-pasirjati-bandung.
Penulis: Ery Chandra
Editor: Theofilus Richard
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Ery Chandra
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved