VIDEO Di Tengah Banjir Dayeuhkolot, Komunitas Munding Dongkol Antarkan Bantuan Langsung ke Lokasi

Komunitas Munding Dongkol, langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena banjir di Dayeuhkolot

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komunitas Munding Dongkol, langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang terkena banjir di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Minggu (26/1/2020).

Komunitas Munding Dongkol terus menyusuri gang demi gang menggunakan perahu kayu, untuk memberikan bantuan kepada warga yang memilih bertahan di rumahnya.

Para warga yang bertahan di rumahnya karena memiliki lantai atas atau rumahnya dua lantai.

Untuk menjangkau ke rumah warga tersebut harus menggunakan perahu sebab ketinggian air mencapai sekitar 2 meter. Suasana kampung terasa sunyi, karena para warga berada di dalam rumah.

Salip Bus Malah Dihantam dan Terseret Truk, Dua Remaja di Cianjur Ini Pun Tewas

Permukiman yang disusuri Munding Dongkol ini, tepat berada di sisi Sungai Citarum, untuk menjangkau warga yang tetap bertahan di rumahnya harus menggunakan perahu mencapai sekitar 20-30 menit. 

Banjir di Dayeuhkolot, Minggu (26/1/2020).
Banjir di Dayeuhkolot, Minggu (26/1/2020). (tribunjabar/lutfi ahmad mauludin)

Tentu jalur yang dilalui tidak mudah, sebab berliku dan menyusuri gang, sehingga harus dengan telaten untuk mengendarainya.

Bahkan perahu yang digunakan Komunitas Muding Dongkol ini sempat tersangkut, hingga salah seorang anggota komunitas turun untuk mendorong perahu.

"Jadi kami sekarang ini menyalurkan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang bertahan di rumahnya," ujar, Ketua Komunitas Munding Dongkol, Acim (29) di sela menyalurkan bantuan.

"Kondisi banjir besar sekitar jam 8 malam, sekarang air masih tetap tinggi ,paling tinggi sekitar 2 meter. Warga ada yang mengungsi dan ada yang bertahan di rumahnya," kata dia.

Acim mengatakan, untuk bantuan jarang sampai ke warga yang bertahan dirumahnya ini karena medannya juga cukup sulit.

Fixed, Persib Bandung Akan Jamu Melaka United 1 Februari, di Mana?

"Makanya kami langsung beri bantuan ke rumahnya masing-masing, kasian karena kalau perlu makanan jauh harus ke luar. Hingga kini belum ada bantuan dari pemerintah ke sini," ujar dia.

Kapolsek Dayeuhkolot, Kompol Sudrajat, mengaku, kini lebih memperhatikan mereka yang tidak tersentuh dengan bantuan.

"Meskipun sulit untuk menjangkaunya, tapi ada relawan yang menyalurkannya, mereka tahu rutinitas yang ngungsi dan tidak. Sebab kalau di pengungsian sudah ada bantuan," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Jalan Raya Dayeuhkolot-Baleendah Berubah Jadi Sungai, Kendaraan Tak Bisa Lewat, https://jabar.tribunnews.com/2020/01/26/jalan-raya-dayeuhkolot-baleendah-berubah-jadi-sungai-kendaraan-tak-bisa-lewat.
Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Ravianto
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved