Dinkes KBB Waspadai Penyebaran Virus Corona, Sudah Beri Penyuluhan ke Puskesmas

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah mewaspadai penyebaran virus corona

Dinkes KBB Waspadai Penyebaran Virus Corona, Sudah Beri Penyuluhan ke Puskesmas
https://www.medscape.com/
Coronavirus 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini tengah mewaspadai penyebaran virus corona yang belakangan ini menyerang sejumlah warga di China.

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dewi mengatakan, penyebaran virus tersebut memang harus diwaspadai meski saat ini virus tersebut belum masuk ke Indonesia, termasuk ke daerah KBB.

"Tapi untuk meningkatkan kewaspadaan harus tetap ada. Kami sudah melakukan penyeluhan-penyuluhan ke puskesmas dan rumah sakit," ujar Dewi saat dihubungi Tribun Jabar, Minggu (26/1/2020).

Virus corona merupakan virus yang biasanya menginfeksi hewan, namun lambat laun dapat berevolusi dan menyebar ke manusia dengan gejala awal yakni, bersin, pilek, batuk, kelelahan, demam hingga sesak napas.

Sejarah Batu Bubut Indramayu, Konon Jadi Lokasi Pernikahan Pemimpin Indramayu dan Sumedang

"Upaya pencegahan dan bahaya itu sudah kami sampaikan ke masyarakat melalui penyuluhan di Puskesmas," katanya.

Menurutnya, untuk antisipasi yang paling efektif, masyarakat harus sering menggunakan masker terutama saat berada di bandara karena disana tidak menutup kemungkinan ada orang dari negara yang terpapar penyebaran virus tersebut.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat KBB harus meningkatkan pola hidup sehat dan menjaga kesehatan tubuhnya, seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tidak mudah terpapar virus tersebut.

Ramalan Zodiak Hari Ini, Minggu 26 Januari 2020, Aries Buat Rencana, Taurus Kembangkan Kedekatan

"Kami juga melakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan di lapangan kepada masyarakat untuk antisipasi penyebaran virus itu," kata Dewi.

Pihaknya memastikan, hingga saat ini belum menerima laporan ada warga Kabupaten Bandung Barat yang terkena virus tersebut, namun masyarakat diminta harus tetap mewaspadainya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved