Pembuatan KIA di Kantor Disdukcapil Purwakarta Membeludak, Sehari Capai 300 Anak

Pembuatan KIA di kantor Disdukcapil Purwakarta membeludak. Sehari mencapai 300 anak,

Pembuatan KIA di Kantor Disdukcapil Purwakarta Membeludak, Sehari Capai 300 Anak
Tribun Jabar/Muhammad Nandri Prilatama
Sejumlah anak di Purwakarta membuat KIA atau kartu identitas anak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Purwakarta setiap hari melayani sebanyak 300 anak dalam pembuatan kartu identitas anak (KIA) yang merupakan program nasional dari Presiden Joko Widodo.

Kepala Disdukcapil Purwakarta, Sulaeman Wilman mengatakan, pembuatan KIA ini kebijakannya diperuntukkan untuk anak usia 5 tahun sampai 16 tahun sesuai dengan arahan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Pelayanan pembuatan KIA di Kantor Disdukcapil Purwakarta setiap harinya selalu dipadati oleh anak-anak di bawah umur, sehingga Wilman mengatakan Mei nanti pembuatan KIA bisa terfokus di Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Peralatan-peralatan sudah ada jadi nanti pembuatan KIA bisa fokus di MPP dan kantor Disdukcapil cukup pelayanan administrasi lainnya. Kami juga bakal melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah untuk melayani pembuatan KIA ini," ujar Wilman di Disdukcapil, Jumat (24/1/2020).

Saat ini, kata Wilman, mereka telah mencetak 6 ribu KIA.

Namun, pembuatan KIA ini pun terkendala blangko yang tak mencukupi, sehingga berharap pengadaan blangko pada April dan Mei bisa membantu pencetakan KIA.

"Kami ingin mengejar sebagai kategori daerah ramah anak. Awal Februari nanti kami akan jemput bola ke SMP-SMP yang ada di Pasawahan," ucapnya.

Ketika disinggung terkait keuntungan memiliki KIA, Wilman mengatakan salah satunya ialah pengakuan sebagai warga negara, serta nantinya kepemilikan KIA dapat berguna untuk diskon memasuki area wisata.

"Tapi, sekarang kami belum lakukan kerja sama dengan tempat wisata di Purwakarta dengan memanggil penyedia jasa wisatanya," katanya.

21 Pejabat di Purwakarta Ikuti Open Bidding, Bupati Anne Puas Banyak Inovasi yang Ditawarkan

Tenaga Honorer Dihapus, Ini Kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved