Warga Tamansari Tidak Serta Merta Dapat Sertifikat Hak Kepemilikan Rumah Deret, Ini Syaratnya

Warga yang tinggal di Rumah Deret Tamansari kemungkinan akan sulit mendapatkan sertifikat hak kepemilikan atas unit yang mereka tinggali.

TRIBUNJABAR.CO.ID/THEOFILUS RICHARD
Suasana lingkungan RW 11 Kelurahan Tamansari yang dikabarkan akan dibangun rumah deret, Jumat (27/10/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga yang tinggal di Rumah Deret Tamansari kemungkinan akan sulit mendapatkan sertifikat hak kepemilikan atas unit yang mereka tinggali.

Kepala Bidang Pencatatan dan Pelaporan Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung, Siena Halim, mengatakan bahwa berdasarkan aturan yang berlaku, warga yang ingin memiliki hak milik atas unit yang ditinggali, harus mengikuti proses lelang.

"Kelihatannya dengan ketentuan sekarang harus melalui lelang, jadi lebih memungkinan secara sewa, karena di Permendagri sekarang itu masa sewa lima tahun dan dapat diperpanjang. Tidak dibatasi," ujat Siena di Balai Kota Bandung, Kamis (23/1/2020).

Empat Rumah Rusak Diterjang Longsor di Tamansari

Dikatakan Siena, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara atau daerah, warga Tamansari tidak serta merta mendapat sertifikat hak milik atas tempat yang mereka tinggali.

"Kalau tanahnya nanti akan full sertifikat Pemkot Bandung, kalau untuk masyarakatnya bukti surat sewa, tadi mungkin sebagaimana disampaikan, permohonan warga rumah deret ke depannya ingin memiliki," katanya.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3), Nunun Yanuati, menambahkan bahwa nantinya 185 Kepala Keluarga (KK) warga Tamansari yang akan mendapat unit di rumah deret tersebut akan digratiskan sewa selama lima tahun.

"Di tahun keenam, harga sewa hanya 50% dan di tahun selanjutnya akan kembali dibicarakan oleh Pemkot," ujar Nunun.

Sementara untuk warga lainnya yang tinggal di sana, akan dikenakan biaya sewa dalam kisaran Rp300.000 hingga Rp900.000.

Harga sewa ini hanya diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Lima Polisi Dinyatakan Bersalah Saat Penggusuran di Tamansari Bandung, Ini Hukuman yang Diberikan

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved