Kasus Perceraian di Purwakarta pada 2019 Capai 1.760 Perkara, Didominasi Masalah Pertengkaran

Kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten Purwakarta selama 2019 mencapai 1.760 kasus dengan rincian cerai gugat

Kasus Perceraian di Purwakarta pada 2019 Capai 1.760 Perkara, Didominasi Masalah Pertengkaran
Pixabay.com
Ilustrasi cerai menikah. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Kasus perceraian yang terjadi di Kabupaten Purwakarta selama 2019 mencapai 1.760 kasus dengan rincian cerai gugat 1.370 kasus dan cerai talak sebanyak 390 kasus.

Humas Pengadilan Agama Purwakarta, Ahmad Saprudin menjelaskan perkara gugatan yang diputus selama Januari hingga Desember 2019 yang masuk sebanyak 1.913 kasus dan kasus yang telah diputus sebanyak 1.979 kasus. Perkara gugatan ini, kata Saprudin termasuk di dalamnya terkait perceraian baik gugat maupun talak.

"Kalau untuk perkara cerai gugatnya selama 2019 ada 1.370 kasus dan cerai talak ada 390 kasus," katanya di Kantor PA Purwakarta, Kamis (23/1/2020).

Adapun faktor penyebab dari tingginya angka perceraian selama 2019 ini, Saprudin menyebut masalah utama masih ditenggarai karena perselisihan dan pertengkaran di dalam rumah tangga yang jumlahnya sebanyak 1.245 kasus, disusul masalah ekonomi sebanyak 220 kasus.

Tak Ikut Latihan Perdana Bersama Persib Bandung, Supardi Nasir Ternyata Sakit

"Sebenarnya secara keseluruhan jika ditanya penyebabnya apa ya pasti bermuara di faktor ekonomi, bahkan ada pula yang dipengaruhi karena media sosial, sehingga terjadi perselingkuhan," ujarnya.

Banyak para penggugat dalam kasus perceraian ini, lanjut Saprudin, tak memasukan masalah penyebabnya dengan alasan ekonomi melainkan lebih memilih perselisihan dan pertengkaran.

"Ya mungkin karena orang segan untuk memasukan masalah itu (ekonomi) karena merasa aib. Jadi, lebih banyak memilih perselisihan atau pertengkaran," ucap dia. 

Jawaban Sule Soal Rencana Pernikahan, Sempat Juga Ditanya Andre Taulany hingga Didoakan Yuni Shara

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved