Transnusa Buka Rute Penerbangan Baru di Bandara Husein Sastranegara

Maskapai penerbangan PT. Transnusa Aviation Mandiri resmi membuka pelayanan penerbangan komersil di Bandara Husein Sastranegara Bandung

Transnusa Buka Rute Penerbangan Baru di Bandara Husein Sastranegara
Istimewa
Kiri kanan: Executive GM Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bpk. Andika Nuryaman, Direktur Utama Bpk. Bayu Sutanto, Wakil Wali Kota Bpk. Yana Maulana, Kadis Ops TNI - AU Bandara Husein Sastranegara Bpk. Rudi Kurniawan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Maskapai penerbangan PT. Transnusa Aviation Mandiri resmi membuka pelayanan penerbangan komersil di Bandara Husein Sastranegara Bandung, dengan rute tujuan dari dan menuju Bandung-Yogyakarta, Bandung-Semarang dan Bandung-Tanjungkarang (Bandar Lampung) pada Rabu (22/1/2020).

Direktur Utama TransNusa, Bayu Sutanto mengatakan, tujuan dibukanya rute penerbangan tersebut, dilatarbelakangi oleh hasil analisis survei pihaknya dan agen perjalanan resmi, bahwa populasi penduduk Indonesia sekitar 50 persen diantaranya berada di Pulau Jawa. Selain itu, Kota Bandung dan Yogyakarta dianggap sebagai kota besar dengan perkembangan industri kreatif e-commerce yang melesat dibanding kota lainnya. 

Pesawat Terbang
Pesawat Terbang (Istimewa)

"Alasan pembukaan rute ini selain potensi penduduk di Pulau Jawa yang tinggi, dan juga adanya aktivitas e-commerce yang melesat hingga 600 persen hingga saat ini. Tetapi juga, Kota Bandung memiliki destinasi wisata yang populer dengan keindahan alam juga kearifan lokalnya yang kerap menjadi tujuan dari para wisatawan. Oleh karena itu, target pasar kami bukan hanya wisatawan domestik, tapi mix (campuran), baik itu penumpang biasa maupun pengusaha dengan tujuan dari dan menuju Bandung," ujarnya kepada wartawan di Bandara Husein Sastranegara, Rabu (22/1/2020).

Bayu menuturkan, selain melayani rute penerbangan ketiga lokasi tersebut selama 7 x seminggu, pihaknya pun memberikan penawaran menarik yaitu, pemberian ruang bagasi 15 kilogram, serta makanan dan minuman secara gratis kepada para penumpangnya.

PT. Transnusa Aviation Mandiri
PT. Transnusa Aviation Mandiri (Istimewa)

"Kami punya kelebihan ruang di pesawat ATR tipe 72-600 dengan kapasitas 72 seat penumpang, sehingga kami memberikan bagasi free tanpa bayar, guna memenuhi kebutuhan bagi para penumpang, apalagi biasanya penunpang tujuan dari dan menuju Bandung atau Yogyakarta kerap membawa oleh-oleh," ucapnya..

Sutanto menambahkan, sebagai maskapai penerbangan yang berpengalaman dan berdiri sejak tahun 2005, pihaknya sudah melayani 45 rute penerbangan di wilayah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi dan Kalimantan dengan menggunakan pesawat ATR 72-600. 

Oleh karena itu pihaknya mengaku saat ini tengah memikirkan pembukaan potensi rute baru lainnya, seperti Pontianak di masa depan.

"Kami berharap dengan dibukannya rute penerbangan yang beroperasi dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara (BDO) untuk rute Bandung, Bandara Udara Internasional Radin Inten II (TKG) untuk rute Bandar Lampung, Bandar Udara Internasional Ahmad Yani (SRG) untuk rute Semarang, serta Bandara Internasional Adisutjipto 
(JOG) untuk rute Yogyakarta mulai 24 Januari 2020 nanti, dapat meningkatkan aktivitas perekonomian dan mempermudah masyarakat untuk bepergian antar daerah," katanya.

PT. Transnusa Aviation Mandiri
PT. Transnusa Aviation Mandiri (Istimewa)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana yang turut menghadiri acara pembukaan rute penerbangan Transnusa tersebut berharap, dengan upaya pembukaan rute baru ini dapat turut mendukung laju peningkatan kunjungan wisatawan dari dan menuju Bandung, serta memperluas konetivitas antar daerah. 

Terlebih, seiring dengan pemindahan aktivitas pemerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati beberapa waktu lalu, turut memberikan dampak kurang bagus bagi kunjungan wisatawan dan perputaran perekonomian di Kota Bandung.

"Dengan ada beberapa pemindahan ke Kertajati, dampaknya kunjungan pariwisata ke Kota Bandung ikut turun. Mudah-mudah dengan adanya penambahan rute penerbangan yang dilakukan Transnusa bisa menjadi pilihan akses penerbangan bagi masyarakat, serta meningkatkan potensi jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bandung," ujarnya usai acara peresmian pembukaan rute baru di lokasi yang sama.

Hal senada disampaikan oleh General Manager Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara, Andika Nuryaman yang turut hadir dalam acara tersebut. Menurutnya, aktivitas penerbangan di Bandara Husein Sastranegara saat ini mencapai 61 penerbangan. Sedangkan pada tahun 2020, pihaknya menargetkan bisa menambah penerbangan pesawat hingga mencapai 81 penerbangan.

Menurutnya, saat ini terdapat tujuh maskapai penerbangan domestik yang melayani sembilan kota di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

"Slot penerbangan domestik masih terbuka dan potensial, kami berharap upaya ini dapat menjadi geliat baru bagi peningkatan jumlah penerbangan di Bandara Husein Sastranegara ini," katanya di lokasi yang sama.

Adapun jadwal penerbangan dengan rute Bandung–Yogyakarta, berangkat-06:55 kedatangan-07:55 Yogyakarta–Bandung, berangkat-08:20 kedatangan-09:20  Bandung–Semarang, berangkat-09:50 kedatangan-10:50, berangkat-15:55 kedatangan-17:00  Semarang–Bandung, berangkat-17:35 kedatangan–18:30 Bandung-Bandar Lampung, berangkat–12:45 kedatangan–13:45 Bandar Lampung–Bandung, berangkat–14:30 kedatangan–15:30 (*)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved