Polisi Belum Temukan Kasus Pidana Terkait Sunda Empire

Penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar belum menemukan perbuatan pidana dari keberadaan Sunda Empire,

Polisi Belum Temukan Kasus Pidana Terkait Sunda Empire
Istimewa
Sunda Empire ternyata kerap berkegiatan di beberapa lokasi di Bandung. Hal tersebut terlihat dalam channel YouTube yang mengatasnamakan Sunda Empire. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar belum menemukan perbuatan pidana dari keberadaan Sunda Empire, yang mulai diketahui dalam beragam konten di media sosial.

"Perbuatan pidananya nanti akan disimpulkan dalam gelar perkara untuk menentukan kontruksi pidananya," ujar Kabid Humas Polda Jabar‎ Kombes Saptono Erlangga di Mapolda Jabar, Rabu (22/1/2020).

Untuk melakukan gelar perkara, serangkaian penyelidikan dilakukan polisi. Seperti pemeriksaan saksi pada pemimpin Sunda Empire, Nasri Banks, dari pengurus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) hingga saksi ahli sejarah, pidana hingga budayawan.

"Kemarin ada yang dimintai keterangan, dari UPI, ahli pidana, budayawan, ahli sejarah hingga dari Sunda Empire," katanya.

Tahun 2019 Sebanyak 720.000 Orang Kunjungi Tempat Wisata di Majalengka, 2018 Sebanyak 580.000

Ditanya soal perbuatan pidana meresahkan masyarakat hingga perbuatan pidana penipuan dalam modus dibalik Sunda Empire, Saptono menyebut ada perbedaan antara Sunda Empire dengan Keraton Agung Sejagat.

"Untuk iuran anggota, konteks ini tidak sama dengan kasus Keraton Agung Sejagat. Kalau di Purworejo kan memang pidananya dari awal sudah nyata terkait penipuan," ujar dia.

Keberadaan Sunda Empire sendiri ditemukan di postingan di media sosial. Ditanya soal postingan jadi obyek penyelidikan terkait pidana, Saptono belum bisa mengidentifikasi lebih detail.

"Makanya kami libatkan ahli sejarah dan budaya dalam kaitannya untuk ditanyai pendapat soal itu (konten postingan). Tentunya ahli itu mengetahui dan memahami bagaimana sejarah Sunda dan sebagainya," kata Saptono.

Wacana Materi Khutbah Jumat Diatur Pemerintah, Ketua FUUI: Makin Aneh Saja! Jaga Perasaan Umat Islam

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved