Aksi Artis Mural Bandung

Harga Per Meter Mural 1 Juta - 3 Juta, Bisa Lebih Mahal Tergantung Artis Mural yang Mengerjakan

Untuk bisa menjadi artis mural tidak sembarangan. Bukan sekadar membuat coretan di dinding jalanan. Apalagi malah merusak pemandangan. Seorang artis m

Harga Per Meter Mural 1 Juta - 3 Juta, Bisa Lebih Mahal Tergantung Artis Mural yang Mengerjakan
Tribun Jabar/Januar P Hamel
Mural di Cibunut Kota Bandung 

TRIBUNJABAR.ID - Untuk bisa menjadi artis mural tidak sembarangan. Bukan sekadar membuat coretan di dinding jalanan. Apalagi malah merusak pemandangan. Seorang artis mural harus memiliki keahlian, terutama melukis.

Para artis mural ini biasanya lulusan seni rupa. Ada juga yang bukan dari jalur pendidikan formal, tapi biasanya mereka memiliki keahlian dalam melukis.

Rifky Muhammad Isa (29) misalnya. Dia lulusan seni rupa di Universitas Pendidikan Indonesia. Keahliannya melukis di berbagai media pun digunakannya juga di tembok.

"Dasar saya melukis, pas TA (tugas akhir) juga bikin melukis, dari dulu sampai sekarang masih melukis," kata Rifky di sebuah kafe di Jalan Pasir Kaliki, Senin (13/1/2020).

Saat ini, Rifky membuat studio mural bersama teman-temannya. Namanya Edith Lab.

"Itu owner-nya teman, kalau saya mah ikut gabung, ada berlima. Cuma kalau pekerjaannya banyak, butuh tenaga cari tambahan," kata juara ketiga lomba mural PT Dirgantara ini.

Mural di Jalan Siliwangi
Mural di Jalan Siliwangi (Tribun Jabar/Januar P Hamel)

Rifky mengaku memasang tarif untuk pembuatan mural, per meternya minimal Rp 500.000. Harga tersebut, kata Rifky, di luar pembuatan desain.

"Kebanyakan desainnya dari kami. Cuma kadang-kadang sudah ada desainnya dari klien kami. Jadi nggak usah ngedesain," ujarnya.

Menurut Rifky, mereka biasa mendapatkan satu atau dua order mural sebulan sekali. Namun, katanya, pernah dalam satu bulan pernah mendapatkan enam pekerjaan.

"Karena sulit ngatur waktunya, akhirnya kami ngajak teman-teman yang lain," kata Ryfki.

Halaman
123
Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved