Aksi Artis Mural Bandung

Artis Mural Tak Sembarangan Ngemural di Jalan, Mereka Selalu Minta Izin

RIFKY Muhammad Isa (29) tak hanya menerima orderan untuk ngemural. Dia pun sering melukis di dinding di jalanan. Dia melakukanya tidak setiap hari tap

Artis Mural Tak Sembarangan Ngemural di Jalan, Mereka Selalu Minta Izin
Tribun Jabar/Januar P Hamel
Mural di Cibunut Kebon Pisang 

RIFKY Muhammad Isa (29) tak hanya menerima orderan untuk ngemural. Dia pun sering melukis di dinding di jalanan. Dia melakukanya tidak setiap hari tapi tergantung ada keinginan dan mood-nya.

"Suka gatal pengin ngegambar di dinding," kata Rifky kepada Tribun di sebuah kafe di Jalan Pasir Kaliki, Senin (13/1/2020).

Rifki mengaku untuk memutuskan ngemural membuat tema dulu dan membuat sketsa. "Kadang nggak pake sketsa dulu, tapi bagusnya disketsa biar cepat menggambarnya di jalan," katanya.

Selama ngemural di jalanan, Ryfky mengaku tidah harus meminta izin. Tapi, katanya, bagusnya meminta izin ke pemilik rumah atau warga sekitar.

"Pernah menggambar tidak izin dulu, eh, didatangi pemiliknya. Setelah dijelasin akhirnya mengerti, jadi terus aja menggambar. Gambarnya di Jalan Kebon Jati. Sekarang rumahnya sudah dihancurkan," ujarnya.

Mural di Jalan Siliwangi, Kota Bandung.
Mural di Jalan Siliwangi, Kota Bandung. (Tribun Jabar/Januar P Hamel)

Pernah juga, kata Rifky, polisi melihat dia ngemural. "Tahu mungkin kami kan hanya melukis, nggak merusak. Bahkan pernah ada yang bermobil melihat kami, dan akhirnya dapat pekerjaan dari dia," katanya sambil tersenyum.

RIFKY Muhammad Isa, Artis Mural Bandung
RIFKY Muhammad Isa, Artis Mural Bandung (Tribun Jabar/Januar P Hamel)

Menurut Wali Kota Komunitas Mural Bandung Alga Indria, S.Sn, M.Ds, sebelum membuat mural selalu minta izin ke otoritas setempat.

"Di tembok-tembok yang tidak memiliki keterkaitan dengan pemiliknya kami selalu minta izin. Tadinya, ada yang nggak boleh tapi setelah melihat bagus jadi mau," kata Alga. (januar ph)

Editor: Januar Pribadi Hamel
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved