Ini Harapan Gubernur Ridwan Kamil dan Ketua MWA Kepada Reini Wirahadikusumah yang Jadi Rektor ITB

Sebagai rektor ITB yang baru, Reini sementara itu mengaku siap menghadapi tantangan perubahan zaman dan membawa ITB bertransformasi . . .

Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, Ketua MWA ITB Yani Panigoro, dan Prof Kadarsah Suryadi berfoto seusai Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat (MWA) ITB dalam agenda Pelantikan Rektor ITB Periode 2020-2025 di Aula Barat Kampus ITB Kota Bandung, Senin (20/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memuji kiprah Reini Wirahadikusumah di dunia pendidikan yang kini bertugas sebagai Rektor ITB periode 2020-2025.

Pasalnya, Reini merupakan rektor perempuan pertama dalam 100 tahun berdirinya salah satu universitas terbaik di Indonesia ini.

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, Reini mengangkat kontribusi perempuan di dunia pendidikan yang sebelumnya tak lepas dari peran pahlawan nasional asal Jawa Barat, Dewi Sartika.

"Saya mengucapkan selamat kepada Ibu Reini, rektor baru ITB, dan atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat saya mengucapkan selamat bertugas," ujar Emil saat menghadiri Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat (MWA) ITB dalam agenda Pelantikan Rektor ITB Periode 2020-2025 di Aula Barat Kampus ITB Kota Bandung, Senin (20/1/2020).

Reini Wirahadikusumah, Perempuan Pertama yang Menjadi Rektor ITB Hari Ini Resmi Dilantik

Reini Wirahadikusumah seusai dilantik sebagai Rektor ITB periode 2020-2025 dalam Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat ITB di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Senin (20/1/2020). Reini yang sebelumnya menjabat Guru Besar di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB itu, terpilih sebagai rektor ITB menggantikan pejabat sebelumnya Rektor ITB periode 2014-2019, Kadarsah Suryadi.
Reini Wirahadikusumah seusai dilantik sebagai Rektor ITB periode 2020-2025 dalam Sidang Terbuka Majelis Wali Amanat ITB di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Senin (20/1/2020). Reini yang sebelumnya menjabat Guru Besar di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB itu, terpilih sebagai rektor ITB menggantikan pejabat sebelumnya Rektor ITB periode 2014-2019, Kadarsah Suryadi. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Jika almarhumah Ibu Dewi Sartika masih hidup, saya yakin beliau akan sangat bangga kepada Ibu Reini yang berperan besar di dunia pendidikan," kata Emil yang menjadi saksi pelantikan tersebut.

Adapun Reini resmi dilantik sebagai rektor ITB menggantikan Kadarsah Suryadi oleh Ketua MWA ITB Yani Panigoro berdasarkan Surat Keputusan MWA ITB nomor 005/SK/I1-MWA/KP/2020.

Selain memuji keberhasilan Reini sebagai rektor perempuan pertama ITB, Emil pun berharap jajaran kepemimpinan yang baru mampu meningkatkan peringkat ITB di level dunia. Berdasarkan penilaian QS World Rangking, saat ini ITB menduduki peringkat ke-331 dunia.

"Saya titip empat kualitas SDM unggul, yaitu IQ-nya (kecerdasan), EQ-nya (akhlak), SQ-nya (keimanannya), dan fisik. Kalau bisa dibantu oleh ITB, Insyaallah SDM unggul, peringkatnya juga naik," ucap Emil.

Dalam arahannya, Ketua MWA ITB Yani Panigoro juga mengharapkan peningkatan peringkat kampus ITB di dunia pendidikan.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved