Warga KBB Diminta Segera Lapor Jika Temukan Kelompok Seperti Sunda Empire dan Keraton Agung Sejagat

Kesbangpol Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta masyarakat untuk berperan aktif untuk melaporkan jika menemukan kelompok-kelompok yang menyimpang.

Facebook/Renny Khairani
Ilustrasi; postingan Renny soal Sunda Empire 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, NGAMPRAH - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB) meminta masyarakat untuk berperan aktif untuk melaporkan jika menemukan kelompok-kelompok yang menyimpang.

Hal tersebut menyusul dengan adanya kelompok Sunda Empire di Kota Bandung dan adanya Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo yang belakangan ini kemunculannya menghebohkan masyarakat.

Kepala Seksi Kewaspadaan Nasional, Kesbangpol Bandung Barat, Galih Kholista Rahmat, mengatakan, Sunda Empire tidak pernah terdaftar baik sebagai organisasi masyarakat (ormas) maupun Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kesbangpol Bandung Barat.

Wagub Jabar Sebut Sunda Empire Sudah Bikin Perjanjian dengan TNI, Begini Janjinya

Atas hal tersebut, hinggga saat ini pihanya tidak mendeteksi adanya keterlibatan warga KBB yang tergabung dalam kelompok Sunda Empire.

"Tapi kami meminta masyarakat berperan aktif untuk melaporkan kepada pemerintah maupun pihak berwajib apabila menemukan dugaan yang menyimpang di masyarakat," ujarnya kepada wartawan, Minggu (19/1/2020).

Menurutnya, jika terdapat kelompok yang menyimpang, apalagi bertentangan dengan aturan-aturan dasar negara serta sudah keluar dari ideologi Pancasila jelas harus segera ditindak.

"Untuk di wilayah kita (Bandung Barat) belum terdeteksi anggota atau simpatisan Sunda Empire," kata Galih.

Diberitakan Tribun Jabar sebelumnya, jagat maya kembali dihebohkan dengan kemunculan Sunda Empire-Earth Empire, yang diduga masih berafiliasi dengan kelompok Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Rakam Jejak Sunda Empire, Berkoar Soal Daftar Ulang Negara, Penah Berkegiatan di UPI dan Asia Afrika

Totok Santoso Hadiningrat, yang mengklaim dirinya sebagai raja di Kerajaan Agung Sejagat diduga terlibat dalam Sunda Empire.

Kelompok ini mucul di media sosial tak lama setelah Keraton Agung Sejagat diamankan. Foto-foto kegiatan Sunda Empire pertama kali muncul di akun Facebook milik Renny Khairani Miller, yang diduga salah satu anggota Sunda Empire.

Dalam unggahannya, Reny tampak mengenakan seragam layaknya angkatan militer lengkap dengan baret berwarna biru di kepala.

Tak sendiri, ia bersama ratusan orang tampak mengenakan seragam yang sama dan mengikuti sebuah kegiatan. Pada foto yang diunggah pada 9 Juli 2019 itu, terlihat spanduk bertuliskan Sunda Empire-Earth Empire.

Klaim Sunda Empire dan Kerajaan Agung Sejagat juga hampir sama, yakni menyebut bila pemerintahan dunia akan segera berakhir. Sunda Empire memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020. Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved