Perang Bintang Ratusan Atlet Esports Siap Gebrak Final Kualifikasi Reg. Barat - Piala Presiden 2020

204 atlet esports yang berasal dari 12 tim berprestasi besar siap meramaikan ajang Final Kualifikasi Regional Barat - Piala Presiden Esports 2020

Perang Bintang Ratusan Atlet Esports Siap Gebrak Final Kualifikasi Reg. Barat - Piala Presiden 2020
Istimewa
Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha (kiri) bersama perwakilan peserta dan sponsor saat menggelar konferensi pers, di kawasan Pasirkaliki, Bandung, Jumat (17/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 204 atlet esports yang berasal dari 12 tim berprestasi besar siap meramaikan ajang Final Kualifikasi Regional Barat - Piala Presiden Esports 2020 yang digelar di 23 Paskal Shopping Centre pada 18 - 19 Januari.

Dengan hadirnya atlet-atlet dan tim esports dengan prestasi besar dalam final regional, yang menjadi langkah akhir menuju fase puncak final nasional kejuaraan esports kasta tertinggi di Indonesia Piala Presiden Esports 2020, di Bandung ini akan jadi turnamen yang seperti perang bintang.

Keseruan tingkat tinggi pada Final Kualifikasi Regional Barat - Piala Presiden Esports 2020 yang digelar atas kolaborasi IESPL sebagai mitra Pemerintah Indonesia melalui Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika serta didukung Blibli.com dan BCA ini dikatakan Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha, berhasil menyaring atlet-atlet dan tim terbaik.

Ketua Penyelenggara  Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha (kiri) bersama perwakilan peserta dan sponsor saat menggelar konferensi pers, di kawasan Pasirkaliki, Bandung, Jumat (17/1/2020).
Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha (kiri) bersama perwakilan peserta dan sponsor saat menggelar konferensi pers, di kawasan Pasirkaliki, Bandung, Jumat (17/1/2020). (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Di game Free Fire sejumlah tim raksasa esports Indonesia akan berlaga di antaranya RRQ, ONIC OLYMPUS, NXL BUNGA MERIAM, hingga BOSS Esports. Sementara di game eFootball PES, "The Wonderkid" Rizky Faidan, dipastikan ikut bertarung. Rizky Faidan yang bernaung di tim ONIC Esports pernah membawa Indonesia menjadi juara PES League 2019 Asia dan menjadi semifinalis Kejuaraan Dunia PES League World Finals di Emirates Stadium, London.

"Sejak kick off pada Oktober tahun lalu, animo publik dan komunitas terhadap penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 terus meningkat dan makin tak terbendung. Maka memasuki tahap Kualifikasi Regional Barat di Bandung kami optimis atlet-atlet esports Indonesia akan menunjukan kemampuan terbaiknya untuk melangkah ke Final Nasional menghadapi atlet-atlet esports dari ASEAN," ujar Giring Ganesha dalam jumpa pers di 23 Paskal Shopping Centre, Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/1/2020).

Pemenang masing-masing game di Kualifikasi Regional Barat di Bandung ini berhak memegang tiket dan melenggang ke Final Nasional di Jakarta. Mereka akan bergabung dengan para pemenang dari Kualifikasi Regional Timur yang sudah lebih dulu diselenggarakan di Surabaya pada 11 - 12 Januari yang lalu. Di Final Nasional, bersama-sama mereka akan bertarung menghadapi para atlet tim-tim esports juara kualifikasi dari negara-negara regional Asia Tenggara yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Giring menekankan, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 merupakan inisiatif untuk memajukan dan mengembangkan esports agar membawa dampak positif bagi Indonesia di berbagai aspek. Tidak hanya mengharumkan nama bangsa lewat prestasi atletnya, namun kedepan dapat mendorong pertumbuhan dari sisi ekonomi kreatif dan pariwisata. Oleh karena itu penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020 membawa slogan #EsportsUntukNegeri.

"Ini juga yang menjadi visi kami untuk meningkatkan level turnamen Piala Presiden Esports dari sebelumnya di level nasional, menjadi regional Asia Tenggara dengan melibatkan negara-negara tetangga. Harapannya atlet esports kita semakin kompetitif sekaligus di saat yang bersamaan bisa memberi dampak secara ekonomi kreatif dan ikut mendorong bertumbuhnya sport tourism," tuturnya.

Ditegaskan Giring bahwa Piala Presiden 2020 ini beda dengan yang perdana dan mengalami peningkatan taraf turnamen. Dari sebelumnya level nasional, kini menjadi level regional ASEAN dengan diikuti para atlet esports dari negara-negara tetangga.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved