Terpopuler

Kata Ridwan Kamil Soal Munculnya Sunda Empire di Bandung: Ini Banyak Orang Stres Ya

Emil meminta warga untuk tetap fokus menjalani kehidupannya, menyaring berbagai informasi yang beredar menggunakan rasio .

Kata Ridwan Kamil Soal Munculnya Sunda Empire di Bandung: Ini Banyak Orang Stres Ya
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil setelah meresmikan gedung PCNU di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cianjur, Rabu (15/1/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kemunculan sejumlah kelompok seperti Sunda Empire-Earth Empire dan Keraton Agung Sejagat, yang kemudian viral di dunia maya, menunjukkan banyak orang yang mengalami stres.

"Ini banyak orang stres ya di republik ini, menciptakan ilusi-ilusi yang sering kali romantisme-romantisme sejarah ini, yang ternyata ada orang yang percaya juga kan, begitu ya menjadi pengikutnya," kata gubernur yang akrab disapa Emil ini di Bandung, Jumat (17/1).

Sebelum hal ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, terutama dengan munculnya Sunda Empire di Jawa Barat, kata Emil, Polda Jabar sudah meneliti dan mendalami kehadiran kelompok tersebut.

"Lagi diteliti oleh Polda, tadi malam Pak Kapolda sudah melaporkan, sedang melakukan penelitian, kalau ada aspek pidana kita akan tegas," katanya.

jejak akun Facebook yang posting soal Sunda Empire
jejak akun Facebook yang posting soal Sunda Empire (Facebook/Renny Khairani)

Emil meminta warga untuk tetap fokus menjalani kehidupannya, menyaring berbagai informasi yang beredar menggunakan rasio dalam berkehidupan.

 Harga dan Spesifikasi Hape-hape Kelas Gaming, Termurah Rp 3 Juta Termahal Razer Phone 2 Rp 9 Juta

"Gunakan aturan perundang-undangan jangan percaya terhadap hal-hal yang tidak masuk ke dalam logika asal sehat," katanya.

Sebelumnya diberitakan, dunia maya kembali dihebohkan dengan kemunculan Sunda Empire-Earth Empire, yang diduga masih berafiliasi dengan kelompok Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Totok Santoso Hadiningrat, yang mengklaim dirinya sebagai raja di Keraton Agung Sejagat diduga terlibat dalam Sunda Empire. Kelompok ini mucul di media sosial tak lama setelah Keraton Agung Sejagat diamankan.

Foto-foto kegiatan Sunda Empire pertama kali muncul di akun Facebook milik Renny Khairani Miller, yang diduga salah satu anggota Sunda Empire. Dalam unggahannya, Reny tampak mengenakan seragam layaknya angkatan militer lengkap dengan baret berwarna biru di kepala.

Pengakuan raja Keraton Agung Sejagat, Totok Santoso Hadiningrat soal awal mula kerajaan.
Pengakuan raja Keraton Agung Sejagat, Totok Santoso Hadiningrat soal awal mula kerajaan. (Kolase Tribun Jabar (Twitter dan Tribun Jateng))

 Inilah Kafe di Bandung yang Lagi Viral, Namanya Cafe More, Kopi Diracik Barista Penyandang Tunanetra

Tak sendiri, ia bersama ratusan orang tampak mengenakan seragam yang sama dan mengikuti sebuah kegiatan. Pada foto yang diunggah pada 9 Juli 2019 itu, terlihat spanduk bertuliskan Sunda Empire-Earth Empire.

Halaman
12
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved