Heboh Sunda Empire

Jika Sunda Empire Serupa Keraton Agung Sejagat, Polda Jabar Siapkan Langkah Ini

Polda Jabar akan mempelajari apakah ada kesamaan Sunda Empire-Earth Empire dengan Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Jika Sunda Empire Serupa Keraton Agung Sejagat, Polda Jabar Siapkan Langkah Ini
Istimewa
Sunda Empire ternyata kerap berkegiatan di beberapa lokasi di Bandung. Hal tersebut terlihat dalam channel YouTube yang mengatasnamakan Sunda Empire. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar masih melakukan penyelidikan terkait  kelompok Sunda Empire-Earth Empire yang diduga berafiliasi dengan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat, Kombes Hendra Suhartiyono mengatakan, pihaknya akan mempelajari apakah ada kesamaan Sunda Empire-Earth Empire dengan Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

"Kami sudah memonitor. Kami sedang mendalami apakah serupa dengan Keraton Agung Sejagat di Purworejo atau tidak. Kan beda-beda tapi saya sudah monitor," ujar Hendra Suhartiyono saat dihubungi, Sabtu (18/1/2020).

Keraton Agung Sejagat sudah dibubarkan Polda Jawa Tengah.

Totok Santoso yang mengklaim sebagai raja ditangkap polisi bersama Fanni Aminadia, sebagai ratunya. Polisi menyebut ada upaya penipuan terkait keberadaan keraton itu.

Pengakuan raja Keraton Agung Sejagat, Totok Santoso Hadiningrat soal awal mula kerajaan.
Pengakuan raja Keraton Agung Sejagat, Totok Santoso Hadiningrat soal awal mula kerajaan. (Kolase Tribun Jabar (Twitter dan Tribun Jateng))

Sunda Empire Diduga Kuat Berasal dari Subang

Polisi Masih Dalami Kelompok Sunda Empire, Ormas atau Bukan?

Sunda Empire, ujar Hendra, masih dalam penyelidikan. Bila nantinya hasil penyelidikan Sunda Empire itu serupa dengan modus Keraton Agung Sejagat, pihaknya akan mengamankan kelompok tersebut.

"Kalau misalnya ada (kesamaan), kami siap ambil langkah (hukum) yang sudah disiapkan," katanya.

Sebelumnya, jagat maya kembali dihebohkan dengan kemunculan Sunda Empire-Earth Empire, yang diduga masih berafiliasi dengan kelompok Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Totok Santoso, yang mengklaim dirinya sebagai raja di Kerajaan Agung Sejagat diduga terlibat dalam Sunda Empire.

Kelompok ini mucul di media sosial tak lama setelah Keraton Agung Sejagat diamankan. Foto-foto kegiatan Sunda Empire pertama kali muncul di akun Facebook milik Renny Khairani Miller, yang diduga salah satu anggota Sunda Empire.

Jejak Sunda Empire di Bandung, Berkegiatan di UPI dan Asia Afrika, Berkoar Soal Daftar Ulang Negara

Ridwan Kamil Sebut Sunda Empire Indikator Banyak Orang Stres, Nama UPI Terseret Keraton Abal-abal

Dalam unggahannya, Reny tampak mengenakan seragam layaknya angkatan militer lengkap dengan baret berwarna biru di kepala.

Tak sendiri, ia bersama ratusan orang tampak mengenakan seragam yang sama dan mengikuti sebuah kegiatan. Pada foto yang diunggah pada 9 Juli 2019 itu, terlihat spanduk bertuliskan Sunda Empire-Earth Empire.

Klaim Sunda Empire dan Kerajaan Agung Sejagat juga hampir sama, yakni menyebut bila pemerintahan dunia akan segera berakhir.

Sunda Empire memprediksi pemerintahan dunia akan berakhir pada 15 Agustus 2020. Setelah itu, kehidupan masyarakat dunia akan menjadi lebih baik dan sejahtera.

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved