Lokasi Pidato Pimpinan Sunda Empire Ternyata di Taman Bareti Kampus UPI, Begini Penjelasan UPI

organisasi yang mengatasnamakan diri sebagai Sunda Empire di media sosial beberapa waktu terakhir,

Lokasi Pidato Pimpinan Sunda Empire Ternyata di Taman Bareti Kampus UPI, Begini Penjelasan UPI
Tribunjabar/Cipta Permana
Salah seorang mahasiswa berjalan melewati Taman Bareti UPI yang diduga sebagai lokasi salah satu penyelenggaraan kegiatan dari organisasi Sunda Empire, sebagaimana tayangan foto dan video yang beredar luar di masyarakat melalui media sosial beberapa waktu lalu, Jumat (17/1/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Seiring munculnya beberapa cuplikan foto dan tayangan video terkait keberadaan serta aktivitas dari organisasi yang mengatasnamakan diri sebagai Sunda Empire di media sosial beberapa waktu terakhir, cukup membuat gempar dunia maya dan juga masyarakat Kota Bandung.

Terlebih, diantara cuplikan foto dan video yang beredar tersebut, menampilkan lokasi kegiatan yang digelar di sebuah taman bertuliskan ISOLA pada sebuah susunan tanaman, kondisi tersebut, merujuk pada Taman Bareti yang berada tepat di kawasan bangunan heritage, yakni Villa Isola atau kini Bumi Siliwangi yang berada di lingkungan Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Tribun Jabar pun mencoba menelusuri hal tersebut, dengan meninjau lokasi sesuai dengan foto dan tayangan video yang beredar di media sosial pada Jumat (17/1/2020) siang.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, kondisi Taman Bareti siang itu sepi dari aktivitas kegiatan akademik maupun kemahasiswaan UPI, hanya beberapa pekerja taman yang tampak bersantai di sekitar kolam ikan, tepat di depan Gedung Isola.

Tedy Pardiyana Sebut Total Warisan Lina Jubaedah Capai Rp 10 Miliar, Dibuka Setelah Autopsi Tuntas

Kondisi taman yang tertata rapi dengan rumput yang menghijau, serta adanya dua buah tangga batu yang saling berhadapan serta susunan tanaman bertuliskan Isola di lokasi tersebut, identik dengan kondisi salah satu gelaran kegiatan Sunda Empire dalam cuplikan yang unggah di media sosial.

Menurut salah seorang pekerja taman, Andri (27) mengaku, Taman Bareti kerapkali digunakan untuk beragam kegiatan kemahasiswaan, akademik, atau masyarakat umum. Akan tetapi, dirinya tidak mengetahui jenis kegiatan apa saja yang dilakukan di taman tersebut, termasuk aktivitas kegiatan yang dilakukan dari organisasi Sunda Empire sebagaimana cuplikan foto maupun video yang tengah viral saat ini.

"Memang seringlah ada beberapa kegiatan di taman ini, biasanya mahasiswa, tapi kalo yang seperti ini (menunjuk pada tayangan video di ponsel) saya belum pernah lihat mereka, juga enggak tahu kegiatan apa yang mereka lakukan. Tapi tamannya sama," ujarnya saat ditemui di sela kegiatan di Taman Bareti, UPI Bandung, Jumat (17/1/2020).

Hal senada disampaikan oleh Kepala Seksi Hubungan Eksternal Kantor Humas UPI Bandung, Dr Yana Setiawan MPd, menurutnya lokasi Taman Bareti sesuai dengan gambar dalam foto juga tayangan video yang beredar luas di media sosial.

Bahkan menurutnya, kondisi Taman Bareti yang dibangun sekitar tahun 2010 lalu, tidak melakukan renovasi apapun, hanya perbaikan kecil yang bersifat menambah nilai estetika.

Mantan Pemain Asing Persib Bandung Hijrah ke Arema FC, Tak Lepas dari Peran Mario Gomez

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved