Limbah Popok Bekas Bisa Jadi Pokbrick dan Minyak Bakar, Begini Cara Mengolahnya

Satu di antara manfaat dari popok bayi bekas adalah bisa diolah menjadi popbrick dan minyak bakar.

Tribun Jabar/Siti Fatimah
CEO GOL (Guna Olah Limbah), Archie Satya Nugraha di sela Media Site Visit PT Softex Indonesia CSR Program di GOL Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (16/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar,  Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Limbah popok bayi bekas cukup banyak. Selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kalau popok bayi bekas bisa memberikan manfaat bila didaur ulang.

Satu di antara manfaat dari popok bayi bekas adalah bisa diolah menjadi popbrick dan minyak bakar.

CEO GOL (Guna Olah Limbah), Archie Satya Nugraha mengatakan ia bersama dua rekannya berawal mengembangkan mesin pengolahan limbah.

Ada beberapa mesin yang dibuat GOL diantaranya mesin hidrotermal dan pyrolysis. Setelah melalui sejumlah riset, pihaknya mencoba mengolah limbah popok bekas menggunakan mesin-mesin tersebut.

Pihaknya meyakini, khusus untuk pengolaham limbah popok bekas ini merupakan yang pertama di Jawa Barat bahkan di Indonesia.

"Popok bekas langsung diolah dengan suhu sekitar 180 derajat bahkan lebih, jadi dipastikan bakteri dan sebagainya mati. Mesin juga ramah lingkungan karena tanpa metode pembakaran," kata lelaki lulusan Teknik Mesin ITB ini disela Media Site Visit PT Softex Indonesia CSR Program di GOL Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (16/1/2020).

8 Kontainer Sampah Rumah Tangga, Popok dan Botol Bekas dari Australia Akan Dikirim Balik

Tak Ganti Popok Bayi dalam Waktu yang Lama, Dampaknya Berbahaya Bagi Si Buah Hati

Untuk pengolah popok bekas menjadi fiber dan plastik menggunakan mesin hidrotermal. Setelah itu, fiber bisa diolah menjadi pokbrick atau sejenis batu bata.

Lalu, plastik hasil proses popok bekas masih harus diolah lagi di mesin pyrolysis untuk menjadi minya bakar atau seperti minyak tanah.

Menurut Archie, hasil akhir dari olahan popok bekas ini sangat bermanfaat. Dicontohkan, pokbrick bisa sebagai pengganti batako karena lebih kuat serta ringan hingga bisa dijadikan bahan bangunan tahan gempa.

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved