Jawa Barat Rawan Bencana, Ridwan Kamil Rencanakan Rilis Jabar Resilience Culture Province Tahun Ini

Banjir menjadi isu kebencanaan yang kerap melanda wilayah Jawa Barat bagian tengah ke utara dengan kondisi permukaan tanah yang datar.

Jawa Barat Rawan Bencana, Ridwan Kamil Rencanakan Rilis Jabar Resilience Culture Province Tahun Ini
Tribun Jabar/Muhammad Syarif Abdussalam
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam acara Urban Motion Vol 3 dengan tema 'Resiliensi di Era Disrupsi' di Kampus ITB Kota Bandung, Jumat (17/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhammad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Banjir menjadi isu kebencanaan yang kerap melanda wilayah Jawa Barat bagian tengah ke utara dengan kondisi permukaan tanah yang datar.

Sedangkan longsor kerap terjadi di wilayah tengah ke selatan dengan kondisi tanah yang curam.

Sebanyak 20 dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat tergolong dalam kelas risiko bencana tinggi. Empat di antaranya yakni Cianjur, Garut, Sukabumi, dan Tasikmalaya, bahkan masuk dalam lima besar risiko bencana tertinggi nasional.

Pemerintah Daerah Provinsi Jabar pun menekankan perlunya menyusun cetak biru provinsi tangguh bencana alias Jabar Resilience Culture Province (JRCP).

Viral Penculikan Bayi di Pasuruan, Ternyata Sang Ibu Bohong, Jaminkan Anak ke Renternir

39 Orang Digigit Anjing di KBB, 3.000 Hewan Mendapat Vaksinasi Antirabies

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengatakan JRCP akan menjadi sebuah visi sekaligus budaya yang melekat dalam setiap instrumen di provinsi dengan jumlah penduduk terbesar se-Indonesia ini.

"Saya ingin membawa Jabar sebagai provinsi yang tangguh melalui multidimensi. Maka disebutnya culture bukan program atau proyek," kata Ridwan Kamil saat jadi pembicara dalam acara Urban Motion Vol 3 dengan tema 'Resiliensi di Era Disrupsi' di Kampus ITB Kota Bandung, Jumat (17/1/2020).

Pria yang akrab disapa Emil ini pun memastikan bahwa JRCP akan dirilis pada 2020.

"Tahun ini akan kami rilis cetak biru dari JRCP," tuturnya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga memaparkan bahwa Jabar mewakili Indonesia dalam Ring of Fire, negara dengan gunung berapi paling banyak di dunia dan tempat berkumpulnya lempeng-lempeng dunia.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved