Kegiatan Belajar SDN 2 Kadupandak Ciamis Dialihkan dari Tenda ke Kelas yang Terancam Ambruk

Puluhan murid SDN 2 Kadupandak Ciamis yang semula ditempatkan di tenda, kini kembali dialihkan ke ruang kelas yang terancam ambruk.

Kegiatan Belajar SDN 2 Kadupandak Ciamis Dialihkan dari Tenda ke Kelas yang Terancam Ambruk
KOMPAS.COM/CANDRA NUGRAHA
Tiga guru mengajar muridnya di satu tenda, Rabu (6/11/2019). Para siswa terpaksa belajar di tenda karena ruang kelas SD Kadupandak 2 retak-retak terdampak pergerakan tanah di Dusun Sukamandi, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Puluhan murid SDN 2 Kadupandak di Dusun Sukamandi Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis yang semula ditempatkan di tenda untuk kegiatan belajar mengajar, kini kembali dialihkan ke ruang kelas yang terancam ambruk.

Pemindahan tersebut dikatakan Kabid SD Disdik Ciamis, H Endang Kuswana, dilakukan sejak mulai hari pertama masuk sekolah usai liburan semester Senin (6/1).

 “Kondisi di dalam tenda sudah tidak memungkinkan digunakan untuk belajar. Becek karena hujan, bocor dan pengab. Makanya kegiatan belajar  SDN 2 Kadupandak dikembalikan ke ruang kelas semula,” katanya kepada Tribunjabar.id, Selasa (14/1/2020).

Terancam Ambruk, 3 Ruang SDN 1 Cidolog Ciamis Dikosongkan, Satu Lagi Disangga Pakai Banyak Kayu

Tiga ruang kelas SDN 1 Cidolog di Dusun Bunirasa Desa/Kecamatan Cidolog Ciamis ini terpaksa dikosongkan karena terancam ambruk. Untuk kegiatan belajar mengajarkan, dipindahkan ke ruang kelas yang aman. Satu ruang kelas dipakai dua rombongan belajar.
Tiga ruang kelas SDN 1 Cidolog di Dusun Bunirasa Desa/Kecamatan Cidolog Ciamis ini terpaksa dikosongkan karena terancam ambruk. Untuk kegiatan belajar mengajarkan, dipindahkan ke ruang kelas yang aman. Satu ruang kelas dipakai dua rombongan belajar. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Padahal, di akhir 2019 diberitakan bahwa sekolah tersebut termasuk daerah yang terdampak bencana retakan tanah yang mengepung Dusun Sukamandi Desa Kadupandak Kecamatan Tambaksari.

Kejadian tersebut cukup mengagetkan karena terjadi pada musim kemarau panjang yang terik.

Setidaknya 197 rumah warga di RW 11 dan RW 12 Dusun Sukamandi terdampak diantaranya 150 rumah rusak ringan, 43 rusak sedang dan 4 rumah rusak parah.

Termasuk gedung SDN 2 Kadupandak yang berlokasi di Dusun Sukamandi RT 01/11, mengalami kerusakan yang cukup parah. Dinding dan lantai ruang kelas rengkah-rengkah.

Musim Hujan Mengancam, Dua Ruang Kelas SDN 1 Cidolog Ciamis Terpaksa Dikosongkan

Bangunan Sekolah Rata Gara-gara Proyek KCIC, Ratusan Murid SDN 1 Malangnengah Pindah ke Kantor Desa

Sejak Sabtu (2/11) bangunan sekolah dikosongkan untuk menghindari jatuhnya korban.

Kegiatan belajar mengajar untuk 36 murid SD di sekolah terpencil tersebut dialihkan ke musola dan tenda komando yang didirikan di kebun dekat musola.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved