Terkait Tanaman Cabai Merah Terserang Hama di Argapura, Petani Diminta Tingkatkan Penggunaan Feromon

Pihak Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka akan meningkatkan penggunaan feromon demi membantu para petani meningkatkan hasil panen.

Terkait Tanaman Cabai Merah Terserang Hama di Argapura, Petani Diminta Tingkatkan Penggunaan Feromon
Tribun Jabar/Eki Yulianto
Petani cabai merah di Blok Banjar, Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka menunjukkan cabai merah yang busuk terkena hama, Rabu (15/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Pihak Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka akan meningkatkan penggunaan feromon demi membantu para petani meningkatkan hasil panen.

Hal ini disampaikan, Camat Argapura, Ono Haryono melalui Kasie Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Dede Mulyadi, Rabu (15/1/2020).

Dirinya menyampaikan, banyaknya keluhan dari para petani terkait banyaknya hama di kebunnya, pihaknya akan meningkatkan penggunaan feromon yang dinilai efektif.

Tanaman Cabai Merah di Argapura Terserang Hama, Petani Akui Hasil Panen Menurun

Nantinya, seluruh kebun cabai merah di Kecamatan Argapura yang seluas 110 hektare tersebut akan diberikan bantuan lebih terkait penggunaan feromon.

"Feromon sendiri yaitu, sejenis zat kimia yang berfungsi untuk merangsang dan memiliki daya pikat untuk para hama untuk hinggap. Meski tidak menghilangkan hama 100 persen, namun penggunaannya dinilai efektif," ujar Dede.

Pihaknya juga, jelas Dede, sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka untuk pemberian zat senyawa tersebut.

Selain itu, Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di setiap desa di Kecamatan Argapura juga tak luput untuk berkoordinasi.

"Semoga dengan adanya keinginan ini kami dapat membantu para petani untuk dapat meningkatkan penghasilan panen khususnya cabai," ucapnya.

Sementara, salah satu petani cabai merah di Blok Banjar, Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalenhka mengeluhkan banyaknya hama yang menyerang perkebunan miliknya.

Hal itu berdampak pada kuantitas pasokan terhadap pasar dan pengepul yang mengakibatkan tingginya harga cabai merah saat ini.

Kepsyen foto : Kasie Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Argapura, Dede Mulyadi

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved